Sukses

Kecanduan Main Gim? Atasi Segera dengan 4 Cara Praktis

Ternyata kecanduan main gim bisa Anda atasi dengan 4 cara praktis. Tentunya dengan konsistensi dan keinginan yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Main gim sudah menjadi sebuah bagian dalam keseharian yang menyenangkan. Namun apa jadinya bila waktu bermain gim sudah melewati batas dan membuat Anda kecanduan? Lakukan 4 cara praktis ini untuk mengurangi dampak buruk main video gim, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Senin (6/2/2017).

Membatasi waktu main gim
Penting untuk membuat batasan agar main gim tidak menghabiskan waktu keseharian Anda. Agar rencana ini berjalan lancar, usahakan Anda membuat batasan waktu bermain gim hanya satu jam sehari. Dengan demikian, Anda sudah mencoba menghindari kecanduan bermain gim.

Mencari penyebab main gim
Bermain gim membutuhkan sebuah tekad yang besar, namun tekad ini bisa saja terjadi karena sebuah penyebab. Kebanyakan orang bermain gim karena mereka bosan, sedih, ataupun marah. Bila Anda sudah menemukan penyebabnya, usahakan untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga tidak menggunakan gim sebagai sebuah pelarian.

Membangun kepercayaan
Banyak orang bermain sendiri karena kehilangan kepercayaannya dengan rekan sebaya. Untuk itu, agar mencegah kecanduan main gim, akan sangat penting bagi Anda mampu membuat kepercayaan baru. Membimbing diri keluar dan mencari hubungan sosial baru, atau mendekatkan diri dengan keluarga akan membantu Anda menghindari kecanduan main gim.

Main ke luar
Bila Anda lupa bagaimana bermain di luar zona nyaman, maka matikan video gim dan pergilah ke luar rumah. Mungkin Anda menganggap main gim menjadi obat yang asyik untuk kesenangan hidup, padahal banyak petualangan baru yang bisa dirasakan bila Anda keluar rumah. Untuk itu, jangan segan merencanakan wisata atau berbagai hal yang dilakukan di luar rumah untuk menghindari kecanduan main gim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini