Penelitian Mengungkap Orang Cerdas Cenderung Memiliki Humor

Oleh Annissa Wulan pada 27 Jan 2017, 14:42 WIB
Diperbarui 27 Jan 2017, 14:42 WIB
Penelitian Mengungkap Orang Cerdas Cenderung Memiliki Humor Gelap
Perbesar
Ternyata, ada satu penanda lagi bagi Anda yang memiliki IQ di atas rata-rata, yaitu memiliki rasa humor gelap, apa itu? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menemukan diri sendiri kadang-kadang tidak tahu harus melontarkan humor apa, atau tidak dapat menempatkan humor di waktu yang tepat, atau terkadang justru menjadikan diri sendiri sebagai olokan, sadari bahwa mungkin Anda jauh lebih cerdas di antara orang lain. Benarkah?

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (27/01/2017), sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cognitive Processing menemukan bahwa orang yang bisa membuat topik humor seputar kematian, penyakit, cacat, atau peperangan, sebenarnya merupakan tanda dari kecerdasan tinggi.

Para peneliti meminta 156 partisipan dengan usia rata-rata 33 tahun untuk menilai pemahaman dan kenikmatan dari 12 humor yang berbeda. Setelah itu, para peserta harus menyelesaikan tes IQ dasar verbal, maupun non verbal, sekaligus menjawab pertanyaan tentang suasana hati, serta latar belakang pendidikan mereka masing-masing.

Hasilnya, peserta dengan skor IQ tertinggi adalah yang paling memahami topik humor yang rumit dan bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang lucu. Para peneliti menemukan bahwa pemahaman terhadap humor adalah suatu proses informasi yang kompleks, terbungkus dalam isyarat sosial dan emosional yang sulit dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya