Sukses

Trip Keren: Menjamahi Laut Perawan Kepulauan Sombori

Sombori merupakan gugusan pulau perawan yang tak kalah eksotis dari Raja Ampat dan Kepulauan Mandeh.

Liputan6.com, Jakarta Sombori merupakan gugusan pulau “perawan” yang ada di Morowali, Sulawesi Tengah. Keindahan Sombori yang tak kalah dengan Raja Ampat dan Kepulauan Mandeh, membuat pulau yang memiliki kawasan konservasi laut seluas lebih dari 40 ribuk hektar ini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Saat tim Travel Liputan6.com berkunjung, yang ditulis Kamis (23/12/2016), Sombori menyuguhkan keindahan alam laut yang menawan. Pulau-pulau kecil yang menyembul di antara birunya laut menjadi pemandangan unik yang bisa dinikmati. Meski dikelilingi pulau karang, namun Sombori juga menyimpan pantai dengan pasirnya yang putih dan lembut. Bagi Anda penyuka snorkeling, banyak spot yang biasa dipakai untuk menyaksikan keindahan bawah laut Pulau Sombori.

Banyak aktivitas petualangan yang bisa dilakukan di Kepulauan Sombori, salah satunya adalah menjamahi Pulau Kayangan. Dari lokasi ini wisatawan bisa menyaksikan keindahan Kepulauan Sombori seutuhnya. Pulau Dua Darat juga menjadi destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi saat Anda berada di Kepulauan Sombori, selain juga beberapa gua eksotis yang tersebar di beberapa pulau kecil.

Meski memiliki potensi wisata yang luar biasa, kunjungan wisatawan ke Sombori masih terbilang rendah. Apalagi di sekitar lokasi ini belum ada sarana penunjang wisata, seperti penginapan dan rumah singgah. Wisatawan yang berkunjung bahkan memanfaatkan rumah kepala desa sebagai tempat menginap.

Pulau Sombori menjadi lokasi glamping terasyik untuk habiskan momen liburan akhir tahun. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com

Untuk sampai ke Kepulauan Sombori, tim Travel Liputan6.com menggunakan jalan via Kendari. Dari Kendari perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Molore, menggunakan perjalanan darat selama sekitar lima jam. Dari pelabuhan ini hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan perahu untuk sampai ke Kepulauan Sombori.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kepulauan Sombori, salah satunya adalah snorkeling. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com

Video: Andi Jatmiko

(Ibo/Mik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.