Harvard Menguak Rahasia Sukses di Tahun 2017

Oleh Annissa Wulan pada 27 Des 2016, 12:18 WIB
Diperbarui 27 Des 2016, 12:18 WIB
Harvard Menguak Rahasia Sukses di Tahun 2017
Perbesar
Ingin lebih sukses dan bahagia di tahun 2017 nanti? Harvard mengungkapkan rahasia yang dapat Anda lakukan untuk meraihnya.

Liputan6.com, Jakarta Ingin menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2017? Bingung menentukan resolusi tahun baru yang seharusnya dibuat untuk mencapai hal tersebut?

Dilansir dari mydomaine.com, Selasa (27/12/2016), sebuah studi terbaru yang dibuat oleh Harvard meneliti data-data yang telah dikumpulkan selama 75 tahun terakhir untuk mengungkapkan cara membuat seseorang lebih bahagia dan sukses di tahun baru. Apakah itu?

Jawabannya begitu sederhana, yaitu luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang bisa membuat Anda bahagia. Sebuah studi dari University's Grant & Glueck menemukan bahwa kesejahteraan fisik dan emosional dari 268 mahasiswa lulusan Harvard dan 456 pria miskin yang tumbuh di Boston sejak tahun 1939 hingga 2014.

Para peneliti melakukan analisa melalui scan otak, sampel darah, dan survei yang dilaporkan oleh masing-masing individu dari tahun ke tahun. Robert Waldinger, profesor psikologi Harvard dan direktur dari penelitian tersebut menyatakan sebuah kesimpulan sederhana, yaitu kedekatan atau hubungan dekat dengan orang lain akan membuat dan menghancurkan kesejahteraan orang tersebut.

Jadi, tidak perlu membuang-buang uang dan waktu untuk membeli gadget baru atau bergabung dengan gym untuk membuat diri lebih bahagia dan sukses. Cukup pertimbangkan berbagai hal yang berada di dekat Anda yang memberikan hubungan positif pada diri Anda.
Di sini, kualitas hubungan jauh lebih penting daripada kuantitas, sehingga luangkan waktu untuk memelihara ikatan yang telah Anda miliki dengan teman, keluarga, dan orang-orang terkasih. Bonusnya, ikatan emosional positif yang Anda miliki ini dapat membuat otak lebih sehat dan membantu mengurangi rasa sakit.