Sukses

5 Hal yang Dapat Dilakukan Jika Anda Merasa Terjebak dalam Hidup

Merasa terjebak dalam kehidupan yang tak nyaman? Simak 5 tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa kita sudah menapaki bulan terakhir di tahun ini. Semua sibuk bersiap menyambut pergantian tahun. Sebagian menyiapkan resolusi tahun baru yang ingin diwujudkan pada kehidupan di tahun depan. Resolusi dibuat berdasarkan pencapaian yang sudah diraih. Ada yang berhasil memenuhi resolusinya, sebagaian ada yang baru meraih separuh dari target. Namun ada pula yang tidak meraih pencapaian sama sekali dalam kehidupan yang dijalani saat ini, berada di titik yang sama dan tidak berpindah kemana-mana. Bahagia dengan kondisi ini? 

Sebagian orang tidak bisa menemukan kepuasan pada hidupnya ketika terjebak dalam kondisi hidup yang itu-itu saja. Tidak mengalami perkembangan yang signifikan dalam hidup bisa membuat orang jadi tidak bahagia. Sementara, orang lain sudah meraih peningkatan level dalam hidupnya.
Pernah mengalami kondisi seperti ini? Merasa terjebak dengan hidup dan kehilangan kendali atas hidup sendiri. Rasanya sangat ingin keluar dari kehidupan yang monoton. Bagaimana caranya?
Dilansir dari lifehack.org, Selasa (6/12/2016) ada 5 hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa menemukan kembali kendali dalam hidup dan lebih bahagia karenanya.

Sadari Kekuatan Diri
Tidak tahu langkah yang mesti dilakukan untuk membawa perubahan dalam kehidupan membuat seseorang hanya diam di satu titik. Menghabiskan waktu dalam aktifitas yang sama tanpa ada perubahan. Keadaan ini bisa menimbulkan frustasi. Akhirnya menyalahkan orang lain dan dunia luar atas kondisi stuck yang dialaminya. Jika mengalami ini, Anda harus mengambil kembali kendali hidup. Mulailah dengan menyadari kekuatan apa saja yang dimiliki. Sadar akan kekuatan yang dimiliki akan memandu untuk melangkah ke arah yang tepat pada pilihan hidup yang membuat Anda bahagia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulailah Hidup Sehat

Mulailah Hidup Sehat
Tubuh yang sehat berperan untuk membentuk pola pikir yang sehat pula. Budaya hidup sehat yang diterapkan seperti istirahat yang berkualitas, nutrisi makanan tercukupi, olahraga teratur, tidak merokok dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, membuat kita menjadi orang yang bertanggung jawab atas kesehatan diri dan menghargai hidup. Tubuh yang sehat membuat Anda punya lebih banyak pilihan aktivitas yang ingin dijalani untuk menjadi bahagia.

Lakukan Hal yang Membuat Bahagia
Merasa terjebak dalam hidup menimbulkan ketidakbahagiaan bagi orang yang mengalaminya. Harus keluar dari keadaan ini agar bisa kembali bahagia. Tidak ada salahnya memilih aktivitas yang jarang atau belum pernah dilakukan sama sekali untuk menghalau rasa bosan. Anda bisa saja ikut komunitas hobi yang baru, menonton film, menghadiri pengajian, membaca buku, berwisata kuliner atau bicara dengan orang yang baru Anda temui. Aktivitas ini dipilih karena ada harapan Anda akan bahagia melakukannya. Perasaan bahagia membukakan pikiran untuk menghadirkan pilihan-pilihan hidup yang menyenangkan untuk dilakukan.

3 dari 3 halaman

Cari Pekerjaan Baru

Cari Pekerjaan Baru
Jika pekerjaan yang selama ini dijalani tidak membawa kebahagiaan dalam kehidupan Anda, mungkin ini saatnya untuk segera mencari pekerjaan baru. Keberadaan uang memang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan. Itu terpenuhi dengan bekerja. Tetapi bahagia tidak selamanya soal uang. Jika pekerjaan yang dijalani saat ini membuat Anda terjebak dan tidak bisa bahagia, mengapa bertahan dengan pekerjaan sekarang? Anda bisa mulai cari pekerjaan baru atau ciptakan lapangan kerja sendiri.

Dalam bukunya "How to Become a Famous Writer Before You’re Dead", Ariel Gore menuliskan, jika Anda tidak tahu hal apa lagi yang harus dilakukan, lakukanlah sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang biasa Anda kerjakan. Anda berhak untuk bahagia dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini