Lakukan Kebiasaan Harian Ini untuk Tingkatkan 23 Persen IQ

Oleh Annissa Wulan pada 11 Des 2016, 12:00 WIB
Diperbarui 11 Des 2016, 12:00 WIB
IQ
Perbesar
Ingin meningkatkan IQ Anda, lakukan satu hal ini secara rutin setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata ada beberapa kebiasaan yang jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan IQ, seperti membaca, mendengarkan musik, dan bermain permainan melatih otak. Namun, semua kegiatan tersebut hanya fokus pada keterampilan, bukan kecerdasan Anda.

Dilansir dari mydomaine.com, Minggu (11/12/2016) keterampilan lebih mengacu pada mengingat sebuah informasi dan melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman. Sedangkan kecerdasan lebih melibatkan pemecahan masalah dan menggunakan logika saat menghadapi situasi baru.

Banyak orang percaya kecerdasan adalah sesuatu yang dimiliki seseorang dari lahir dan tidak bisa dipelajari. Namun, sebuah studi menunjukkan ada satu kegiatan sederhana yang ternyata dapat meningkatkan keterampilan, sekaligus kecerdasan Anda secara keseluruhan. Apa itu? Meditasi.

Ya, selain menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesehatan fisiologis, meditasi harian juga terbukti dapat membuat Anda semakin cerdas. Beberapa penelitian menyatakan orang-orang yang melakukan meditasi dalam rutinitas hariannya menunjukkan peningkatan IQ rata-rata sebanyak 23%.

Tidak hanya itu, dalam kurun waktu beberapa tahun kemudian, orang-orang ini juga telah mampu mengembangkan keterampilan yang kuat dalam bidang yang berkaitan dengan kreativitas, konsentrasi, dan kesadaran diri.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Consciousness and Cognition menemukan bahwa setidaknya selama 20 menit sekali setiap hari, selama empat hari yang digunakan untuk meditasi akan membantu perbaikan signifikan dalam hal memori, kognisi, dan menurunkan tingkat stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya