Sukses

Tips dari Bos Agen Travel untuk Dapatkan Tiket Liburan Murah

Libur akhir tahun segera tiba, sudahkah Anda merencanakan liburan bersama keluarga?

Liputan6.com, Jakarta Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba, itu tandanya Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Mulai dari menyiapkan keuangan, waktu yang tepat, dan tiket pesawat hingga kamar hotel. Menyiapkan tiket pesawat dan kamar hotel bukan perkara mudah, selain harganya menjadi lebih mahal dua kali lipat di waktu liburan, tiket ini kerap habis jika Anda tidak membelinya jauh-jauh hari.

Founder Traveloka Ferry Unardi dan Marketing Head AirAsia Indonesia Yohanes Heraldo kepada Liputan6.com, Selasa (29/11/2016) membagi tips dan trik untuk mendapatkan tiket pesawat maupun hotel yang murah untuk liburan akhir tahun.

Gunakan fitur tertentu
Jika Anda belum yakin kapan waktu yang tepat untuk pesan tiket pesawat, gunakan fitur Notifikasi Harga pada aplikasi Traveloka misalnya. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi secara harian atau mingguan ketika harga turun atau naik yang diinginkan melalui aplikasi dan email. Bagi Anda pengguna maskapai AirAsia bisa menggunakan Program Loyalitas AirAsia BIG, dengan program ini selain bisa jalan-jalan gratis dengan menggunakan AirAsia BIG Points, Anda juga punya akses prioritas pada setiap promo yang ditawarkan.

Cari tahu tentang promo
Ferry Unardi dan Yohanes Heraldo menganggap orang yang aktif mencari info seputar promo lebih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan tiket liburan murah dibandingkan mereka yang tidak. Jelang akhir tahun biasanya akan ada banyak promo tiket pesawat dan hotel yang ditawarkan. Bagi Anda pengguna Traveloka disarankan untuk bergabung di newsletter dan mengikuti perkembangan informasi di aplikasi tersebut, mengingat banyak maskapai yang selalu menyediakan kursi gratis tiap tahunnya, termasuk maskapai AirAsia.

Booking tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari
Jelang high season, seperti liburan akhir tahun misalnya, kerap terjadi kenaikan pemesanan tiket pesawat dan hotel. Untuk menghindari habisnya tiket pesawat dan ketersediaan kamar hotel, sebaiknya pesan paling tidak H -14 sebelum keberangkatan. Pada H -14 sebelum keberangkatan biasanya harga yang ditawarkan masih murah dibandingkan dengan membeli tiket secara dadakan.

“Ini paling penting, pesan tiket jauh-jauh hari, selain cuti lebih aman, persiapan lebih matang, harga tiket juga lebih rendah,” ungkap Yohanes.

Jadwal anti-mainstrem
Satu hal perlu diperhatikan bagi Anda yang tengah berburu tiket murah untuk liburan akhir tahun, yaitu pilih hari keberangkatan yang anti-mainstrem.

“Maskapai biasanya memberlakukan harga yang lebih tinggi ketika Anda terbang di hari Minggu. Terbang di hari Rabu atau Kamis bisa lebih hemat dibanding akhir pekan,” kata Yohanes menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.