Sukses

Makanan Warna Ungu Ini Terbukti Membantu Cegah Kanker

Penelitian terbaru menunjukkan makanan berwarna ungu ini membantu mencegah kanker. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar kentang ungu sebelumnya. Kentang ungu banyak digunakan dalam masakan Amerika Selatan dan berasal dari Bolivia dan Peru.

Jenis kentang ini benar-benar berwarna ungu, indah, dan penelitian terbaru, terbukti melawan kanker. Penelitian ditargetkan untuk kanker usus besar, sehingga belum diketahui seberapa efektif kentang ungu mengobati jenis kanker yang lain.

Seperti melansir dari lifehack.org, Senin (21/11/2016), mari kenalan dengan kentang ungu dan bagaimana cara mengonsumsinya.

Apa yang ada di Kentang ungu?

Para peneliti menemukan beberapa zat dalam sayuran akar berwarna-warni yang berfungsi untuk membunuh sel kanker. Menyerang sel induk adalah kunci, seperti dijelaskan oleh Jairam K.P. Vanamala di Penn State.

Vanamala menggunakan analogi rumput untuk menjelaskan pentingnya mendapatkan sel induk. Dia mengatakan "Anda mungkin memotong gulma, tapi selama akar masih ada, gulma akan terus tumbuh kembali. Seperti akar gulma, ia menguraikan, jika sel-sel induk kanker masih ada, kanker masih bisa tumbuh dan menyebar."

Nah, zat Anthocyanin, ditemukan dalam kentang ungu, milik keluarga flavonoid phytochemical. Mereka adalah pigmen yang larut dalam air, zat yang memberikan kentang warna ungu. Anthocyanin yang ditemukan dalam bunga, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sereal, memberi mereka warna ungu, merah, dan biru. Tidak hanya mempercantik, flavonoid berperan untuk melawan kanker.

Pati resisten yang ditemukan di kentang ungu mempunyai peran anti-kanker yang penting. Ini menopang kesehatan bakteri usus. Dalam kasus yang Anda belum dengar, bakteri usus adalah topik panas di dunia kesehatan sekarang.

Apakah Kulit Saya Akan Berwarna Ungu?

Tidak, kulit Anda tidak akan berubah menjadi ungu! Dan jangan berpikir Anda harus makan semua-yang berwarna ungu. Anthocyanin dari kentang ungu menghancurkan sel-sel induk kanker usus besar, tapi itu hanya salah satu jenis kanker.

Alih-alih berfokus pada satu kanker dan satu makanan, Vanamala merekomendasikan makanan pelangi ketika memilih sayuran dan buah-buahan. Makan sumber tanaman dalam berbagai warna ini penting karena, "Bukan satu senyawa, Anda memiliki ribuan senyawa, bekerja pada jalur yang berbeda untuk menekan pertumbuhan sel induk kanker. Makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran berwarna ampuh karena membantu memerangi kanker," jelasnya.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kentang Ungu?

Kentang ungu memiliki tekstur warna coklat muda dan tampak biasa, sehingga Anda benar-benar dapat menggunakannya dalam setiap hidangan kentang. Panggang, cincang halus, dan bisa juga di rebus. Atau Anda bisa menemukan banyak resep dalam pencarian online dan mulai lawan kanker dengan makanan ini.

(M.Andreas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini