Sukses

Ternyata, Ini 5 Hal yang Buat Anda Sulit Tidur

Hampir setiap orang pernah mengalami permasalahan tidur yang ternyata dipicu oleh hal-hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami permasalahan tidur. Ada yang sulit untuk memejamkan mata, ada pula yang tidurnya tidak nyenyak. Apapun permasalahan tidur Anda, ternyata dapat dipicu oleh beberapa hal tertentu. Anda pun mungkin melakukannya tanpa sadar sehingga sulit tidur.

Dilansir dari Huffington Post, Sabtu (12/11/2016), inilah lima hal yang dapat memicu kesulitan tidur.

1. Melewatkan sarapan
Siapa yang sangka hal yang terdengar remeh ini ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur. Sarapan ternyata adalah waktu makan terpenting dalam sehari, sehingga melewatkannya dapat menyebabkan Anda stres. Hal ini lah yang akhirnya menyebabkan Anda sulit tidur pada malam hari.

Stres

2. Stres pada malam hari
Saat stres, hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh tinggi. Padahal hormon-hormon ini bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah dan tegangnya saraf. Alhasil Anda pun sulit rileks untuk mempersiapkan tubuh Anda tertidur.

Pilihan makanan tidak sehat

3. Pilihan makanan tidak sehat
Makanan sangat berkaitan dengan kesehatan. Untuk bisa tidur dengan nyenyak, asupan nutrisi pun perlu diperhatikan. Tubuh membutuhkan asam amino, vitamin, dan mineral untuk membentuk neurotransmiter yang menenangkan tubuh.

Jadwal Tidur

4. Jadwal tidur tidak teratur
Sibuk bekerja sepanjang minggu memang baik, tetapi jika hal ini menyebabkan tidur tidak teratur, mungkin dampaknya akan buruk. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk merekam jam tidur. Jika hal ini tidak dipenuhi, maka bukannya tidak mungkin Anda akan kesulitan tidur.

Minum alkohol

5. Minum alkohol
Mungkin Anda berpikir alkohol akan membantu untuk lebih mudah tertidur. Namun, ternyata alkohol dapat membuat tidur Anda semakin tidak nyenyak. Banyak penelitian membuktikan alkohol memang lebih mudah membuat tubuh rileks, tetapi setelah tidur, risiko Anda untuk bangun kembali juga semakin besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini