Sukses

Wisata Sejarah Hari Pahlawan, Kenapa Tidak?

Ada cara asyik memperingati Hari Pahlawan, yaitu berwisata ke beragam situs bersejarah napak tilas para pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta Hari Pahlawan lekat dengan upacara dan seremonial. Namun, Anda juga bisa mengisinya dengan wisata untuk mengenal para pahlawan lebih dekat. Masing-masing daerah memiliki museum sesuai dengan peristiwa yang berkaitan. Kini museum bukan lagi menjadi tempat peninggalan benda bersejarah tapi juga sebagai tempat wisata berswafoto bersama.

Berikut beberapa museum yang berkaitan dengan peringatan Hari Pahlawan Indonesia seperti dihimpun oleh Liputan6.com pada, Kamis (10/11/2016).

1. Museum Perjuangan 10 November

Museum 10 Nopember berlokasi di Jalan Pahlawan, Surabaya.

Museum Perjuangan 10 November ini terletak persis di Jalan Pahlawan Surabaya. Lokasinya sangat berdekatan dengan kantor Gubernur dan Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selain foto sejarah, Museum ini memiliki beberapa koleksi Bung Tomo hingga koleksi senjata yang pernah digunakan semasa zaman perjuangan.

2. Museum Fatahillah

Pekerja Go Clean bersiap Museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta, Senin (22/8). Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-71, mereka bersihkan tempat sejarah Museum Fatahillah. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Museum ini menjadi salah satu tempat paling instagrammable di Jakarta. Lokasinya sangat mudah diakses baik menggunakan Transjakarta maupun menggunakan Commuter Line dari Stasiun Kota. Anda hanya perlu berjalan kaki saja sedikit untuk bisa mencapai Museum Sejarah Jakarta ini. Sesuai namanya, Museum ini berada di Jalan Taman Fatahillah Jakarta.

Selain bisa melihat koleksi sejarah, Anda juga bisa piknik bersama keluarga dengan menyewa sepeda tua, atau berswafoto dengan patung-patung manusia yang sudah didandani dengan aksesori para tentara dengan seragam tempo dulu. Tempat yang sangat menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

3. Museum Satria Mandala

Ruang Pejuang Museum Satria Mandala (Foto : Crisco 1492)

Museum Satria Mandala secara khusus merupakan museum yang banyak menyimpan benda benda sejarah Tentara Nasional Indonesia. Koleksinya bukan hanya sekadar meriam tempur yang pernah digunakan namun hingga koleksi kendaraan seperti helikopter, hingga pesawat terbang yang pernah dioperasikan pada masa perjuangan.

Tak heran jika Museum Satria Mandala kerap dijadikan sebagai salah satu tempat pemotretan karena koleksi-koleksi kendaraan tempurnya yang ikonik dan sangat lengkap. Harga tiketnya pun sangat terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No 14, Jakarta Selatan.

4. Museum Bahari

Renovasi museum yang terletak di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara ini sudah dilakukan 8 September 2014 kemarin, (9/9/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Inilah cikal bakal perdagangan kota Batavia pada masa VOC. Museum Bahari dulunya merupakan sebuah gudang penyimpanan hasil bumi yang siap dikirim ke luar negeri. Lokasinya sangat berdekatan dengan Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Di museum inilah Anda bisa melihat langsung replika kapal Pinisi yang sangat membanggakan.

5. Museum Sumpah Pemuda

Sejumlah pengunjung memerhatikan kutipan pesan semangat kebangsaan di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Selasa (28/10). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Museum inilah yang menjadi saksi bisu bersatunya perbedaan pemuda dari berbagai etnis dan suku bangsa. Museum ini berlokasi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Selain lukisan dan diorama, Anda bisa melihat kembali urutan peristiwa Sumpah Pemuda secara utuh melalui bukti-bukti yang masih terawat dengan baik.

Traveling sejarah seru bareng Reservasi.com. Promo tiket pesawat hingga diskon hotel terbaik hanya ada di Reservasi.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini