Anak Kos Wajib Tahu, 4 Kuliner Ini Dimasak Pakai Rice Cooker

Oleh Liputan6 pada 15 Nov 2016, 10:30 WIB
Diperbarui 15 Nov 2016, 10:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Rice cooker, sesuai namanya, fungsi awalnya memang untuk menanak nasi. Tapi bagi anak kos yang tinggal di ruangan dengan luas terbatas, tidak memiliki dapur dan kompor, rice cooker bisa disulap menjadi alat serbaguna untuk memasak makanan-makanan berikut tanpa perlu kompor, wajan, ataupun peralatan dapur lainnya. Seperti disusun Liputan6.com, Selasa (15/11/2016), berikut 4 kuliner lezat yang bisa dimasak menggunakan rice cooker

Nasi goreng
Memasak nasi goreng menggunakan rice cooker sangat mudah. Pertama, siapkan nasi yang sudah dimasak sebelumnya. Kemudian minyak goreng, bawang merah dan bawang putih, kecap, garam, dan cabe jika suka. Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih dan cabe. Colokkan rice cooker, tunggu sampai benar-benar panas, masukkan sedikit minyak goreng ke panci rice cooker. Kalau minyak sudah panas, tuangkan irisan bawang sampai harum kemudian masukkan nasi. Aduk-aduk, beri kecap, cabe dan garam. Nasi goreng rice cooker siap disajikan.

Tumis
Sayur yang bisa dimasak di rice cooker biasanya sejenis sayur yang mudah layu seperti kangkung, kacang panjang, taoge, dsb. Pertama, siapkan minyak goreng, sayuran, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula. Sayuran dipotong dan bawang diiris tipis. Colokkan rice cooker sampai pancinya panas. Tuangkan minyak goreng ke panci rice cooker. Tunggu sampai panas. Lalu masukkan irisan bawang sampai harum. Masukkan potongan sayur. Tambahkan gula dan garam secukupnya.

Sayur Sop
Bahan yang diperlukan untuk membuat sayur sop ala rice cooker adalah aneka sayur seperti buncis, kentang, kol, hingga wortel. Kemudian minyak goreng, bawang merah dan bawang putih, merica, air, garam, dan gula secukupnya. Potong sayuran kecil-kecil atau sesuai selera. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica. Colokkan rice cooker sampai pancinya panas. Tuangkan minyak goreng ke panci rice cooker, tunggu sampai panas. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk sebentar. Masukkan air secukupnya tunggu sampai mendidih baru masukkan potongan sayur, garam dan gula secukupnya.

Sayur Asam
Sayuran yang digunakan untuk membuat sayur asam ini biasanya dijual satu paket yang terdiri dari daun melinjo, nangka muda, papaya muda, hingga jagung. Bumbu yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih, cabe, dan terasi bila suka. Potong semua sayuran dan haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan terasi. Colokkan rice cooker. Tunggu sampai pancinya panas. Masukkan air secukupnya tambahkan bumbu yang telah dihaluskan. Tunggu sampai airnya mendidih baru masukkan sayuran yang telah dipotong. Jika sayuran sudah lunak dan siap disajikan.

Selain 4 masakan di atas, beberapa masakan lain juga bisa dimasak menggunakan rice cooker seperti macaroni, omelet, hingga mi instan. Dengan menggunakan rice cooker, memasak bukan pekerjaan yang ribet lagi untuk anak kos (AF)