Sukses

Mirip Zuppa Soup, Ghost Dum Briyani dari India Curi Perhatian

Siapa sangka, nasi briyani asli dari India yang sudah akrab di lidah orang Indonesia ternyata memiliki cara masak yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner di India memang sering memberikan kejutan yang menarik bagi orang-orang asing, mulai dari warna, rasa rempah, hingga cara memasaknya yang berbeda dari biasanya. Siapa sangka, nasi briyani asli dari India yang sudah akrab di lidah orang Indonesia ternyata memiliki cara masak yang unik. Ditemui dalam kegiatan The Exotic India, Chef Altamash Iqbal membeberkan cara masak Ghost Dum Briyani.

“Kami memasak nasi briyani ini dalam sebuah kendi dan seluruh bahan dicampurkan dalam wadah tersebut, mulai dari nasi, rempah, hingga daging yang ingin dipakai seperti daging kambing atau daging ayam,” ujar chef Altamash Iqbal di The Ritz-Carlton Jakarta, 8 November 2016.

Selain menggunakan kendi, Ghost Dum Briyani yang disajikan di Asia Restaurant ini juga memiliki sebuah rahasia yang bisa membuat orang keheranan. Diyakini cara ini mampu untuk memberikan rasa yang kaya dan aroma yang dapat meningkatkan selera makanan Anda. Tak disangka-sangka, cara masak tradisional ini mirip seperti Zuppa Soup ala Italia.

Ghost Dum Briyani miliki cara masak yang khas

“Setelah mencampur seluruh bahan dalam kendi, kami menutup kendi dengan adonan roti naan hingga rapat, sehingga seluruh rasa dan aroma yang keluar saat proses memasak tetap bertahan hingga kendi dibuka” ungkap chef Altamash.

Cara ini ternyata dipengaruhi oleh cara orang India menikmati nasi briyani dengan tangan. Mereka akan menikmati adonan roti naan yang sudah matang dengan nasi yang hangat. Tidak lupa juga didampingi dengan mentega susu untuk mencampur rasa rempah yang kuat menjadi lebih nikmat dalam mulut. Sajian Ghost Dum Briyani yang berasal dari India Selatan ini memiliki rasa yang kaya rempah dan kuat, sehingga membuat penikmatnya ketagihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.