Sukses

Batavia Madrigal Singers Juara Umum 48th Tolosa Choral Contest

Apa yang akan dilakukan Batavia Madrigal Singers setelah menjadi Juara Umum 48th Tolosa Choral Contest?

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia kembali datang dari dunia paduan suara Indonesia. Setelah berjuang dalam kompetisi internasional 48th Tolosa Choral Contest di Kota Tolosa, Spanyol, yang digelar 28 Oktober hingga 1 November 2016, Batavia Madrigal Singers (BMS) akhirnya meraih juara umum. Dipimpin oleh pengaba Avip Priatna, BMS mendapatkan juara pertama kategoti Polyphony serta juara pertama kategori Basque Song and Popular Music/Folklore.

Dengan mengedepankan budaya Indonesia, BMS tampil mengenakan pakaian adat Nusa Tenggara Timur. Berbagai lagu daerah juga dibawakan dalam kompetisi ini, seperti lagu Benggong dari Manggarai, NTT dan lagu berbahasa Indonesia yang berjudul Hentakan Jiwa yang diaransemen oleh Ken Steven. Tidak lupa lagu-lagu tersebut dibawakan dengan koreografi apik yang ditata oleh Sonja Simanjuntak.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (1/11/2016), lagu-lagu lainnya yang dibawakan oleh BMS dalam kompetisi ini adalah Canticum Novum karya Ivo Antognini, Et J’aime Uniquement karya Jesus Egiguren, Ehre Sei Gott in der Hohe karya Felix Mendelssohn, Xoxo Beltz Bat Banuen karya Karlos Gimenez, dan Wade in de Water karya Allen Koepke. Tidak ketinggalan, mereka juga membawakan lagu pop medley yang berjudul I Love You – What a Wonderful World karya aransemen komposer Amerika Craig Hella Jhonson yang diiringi oleh pianis Stephanie Onggowinoto.

Batavia Madrigal Singers juara umum 48th Tolosa Choral Competition, Spanyol (Foto : FB Aksa Syadri)

Setelah menang di kompetisi paduan suara tersulit di dunia ini, BMS akan melenggang di babak final European Grand Prix in Choral Singing (EGP) yang akan digelar pada 2017. BMS akan bertarung melawan berbagai kelompok paduan suara juara dari berbagai kompetisi lain, seperti International Guido d’Arezzo Polyphonic Contest di Italia, Bela Bartok International Choir Competitipon di Hungaria, International Choral Competition Gallus di Slovenia, Florilege Vocal de Tours di Prancis, dan International May Choral Competition ‘Prof G Dimitrov’ di Bulgaria.

Kompetisi yang tergabung dalam kategori EGP menuntut kemampuan bernyanyi dan artistik tinggi dari peserta. Dalam perhelatannya ke Tolosa, BMS juga mengadakan serangkaian konser yang diadakan di berbagai kota dan akan ditutup dengan konser di Kota Sevilla, pada Rabu 3 November 2016. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.