Sukses

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Seputar Sarapan

Tanpa disadari Anda kerap melakukan 5 kesalahan mengenai sarapan.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan merupakan rutinitas wajib yang seharusnya dilakukan setiap orang. Namun bagi sebagian orang, kerap melewatkan sarapan karena waktu yang terbatas di pagi hari dan rasa lapar yang tak kunjung hadir. Atau ada juga yang melahap beragam makanan yang begitu banyak saat sarapan.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2016), berikut beragam kesalahan yang kerap terjadi seputar sarapan.

1. Melewatkan sarapan begitu saja

Tidak sarapan untuk alasan apapun adalah kesalahan pertama yang harus Anda hindari. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu di pagi hari untuk sarapan, rancang sarapan Anda malam sebelumnya dan memutuskan apa yang harus dimakan di pagi hari sebelum Anda pergi tidur. Dengan cara itu Anda tidak perlu terburu-buru di pagi hari. Pastikan jus dan sereal selalu tersedia di dapur Anda.

2. Makan terlalu banyak untuk sarapan

Sarapan yang sehat adalah suatu keharusan, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus makanan berat untuk sarapan. Sarapan berat bisa membuat perut penuh dan mengantuk.

3. Menyantap makanan yang sama untuk sarapan setiap pagi

Anda bisa makan sereal dan susu untuk sarapan setiap pagi karena praktis dan cepat. Meskipun sereal dan susu baik untuk Anda, namun jangan menyantapnya setiap hari. Bila Anda sudah jenuh, gantilah dengan resep yang lebih bervariasi.

4. Kunyah makanan dengan baik

Makanan harus dikunyah dengan baik sebelum menelannya. Hati-hati melahap makanan yang belum dikunyah dengan baik atau terburu-buru. Minum jus atau air untuk segera turunkan makanan dapat membuat Anda tersedak dan juga membuat proses pencernaan lebih lambat. Makan secara perlahan agar proses pencernaan berjalan dengan maksimal.

5. Makan sambil berjalan

Banyak orang bangun setengah jam sebelum mereka harus berada di tempat kerja dan harus terburu-buru menyantap sarapan sambil berjalan.

Hal ini dapat membuang semua energi yang Anda dapatkan dari sarapan yang Anda santap sambil berjalan. Akibatnya, Anda akan merasa lapar kembali dan cenderung membabi buta saat makan siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini