Sukses

4 Pola Makan yang Menyehatkan Mental Anda

Seperti apa pola makan yang tepat dan berdampak baik bagi mental?

Liputan6.com, Jakarta Pola makan berkaitan dengan kebiasaan saat kita makan, bagaimana makanan itu disiapkan dan cara menikmatinya. Kegiatan ini dapat membangun kebiasaan pola makan yang sehat saat Anda makan.

Seperti yang dikutip dari lifehack, Rabu (12/10/2016) berikut adalah beberapa saran tentang cara meningkatkan kesehatan mental dengan menggunakan pola makan yang positif dan sederhana.

1. Makan dengan rasa syukur

Hampir semua agama mengajarkan untuk selalu bersyukur sebelum menikmati makanan. Kegiatan ini membantu Anda membangun “sikap syukur” dalam diri Anda. Rasa syukur telah terbukti memerangi depresi dan meningkatkan kedamaian batin dan kualitas hidup.

Bentuk rasa syukur dapat berupa ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta atau Anda bisa diam sejenak merenungkan apa yang telah Anda makan. Biarkan rasa syukur meresap ke dalam hati Anda dan Anda akan mendapatkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

2. Mengetahui kandungan gizi yang kita makan

Informasi mengenai kandungan nutrisi yang Anda makan akan membuat perasaan lebih tenang. Kekhawatiran Anda tentang efek buruk makanan akan berkurang.

Pengetahuan Anda tentang makanan akan membantu Anda dalam mengatur pola makan dan nutrisi setiap harinya. Hal ini tentu saja, akan mempermudah Anda dalam membuat perubahan yang Anda butuhkan.

3. Makanlah perlahan dan kunyahlah dua kali lebih lama dari biasanya

Ini adalah salah satu cara untuk menikmati makanan berat atau kecil yang kita konsumsi. Luangkan waktu Anda sejenak untuk makan dengan posisi duduk.

Anda bisa makan dengan perlahan sehingga memungkinkan pencernaan Anda bekerja secara optimal. Aktivitas ini akan membantu Anda menghilangkan stres dan memungkinkan pikiran Anda beristirahat sejenak.

4. Jangan berbicara saat makan

Tidak salah orang tua kita selalu mengingatkan untuk diam saat makan. Saat diam kita akan lebih damai dan tenang saat makan. Semua indra kita akan selaras dalam menikmati aktivitas saat makan. Indra perasa atau lidah Anda akan merasakan gulungan makanan dan tekstur makanan di mulut.

Indra penciuman akan aktif saat Anda menikmati makanan. Makan dengan cara diam merupakan cara yang bagus untuk memberikan kesempatan kepada mental Anda untuk beristirahat dan ini akan mengurangi stres. Tak hanya tentang pemilihan menu yang sehat, pola makan juga mencakup hingga cara kita makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini