Sukses

Cara Cermat Memancing Anak untuk Cerita Masalahnya

Begini cara cermat memancing anak agar mau bercerita masalahnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orangtua, apakah anak Anda sering terlihat enggan menceritakan masalahnya? Jawaban "tidak tahu" atau "tidak ada apa-apa" lancar meluncur ketika Anda berusaha mendekatinya. 

Memang, problema ini terkadang membuat orangtua menjadi pusing dan kehilangan akal untuk mengetahui kehidupan anaknya. Tapi tenang saja, trik yang dilansir dari Womansday.com, Rabu (5/10/2016) berikut ini bisa Anda sontek.

Sara Ackerman, seorang guru dan orangtua dari anak di kelas preschool, memiliki sebuah cara brilian. Dibandingkan Anda menghujani berbagai pertanyaan kepada anak, coba tanyakan "Apakah kamu mau mendengar apa saja yang aku alami hari ini?".

Sara bercerita, setiap ia bertanya tentang hari yang dialami anaknya, atau masalah apa yang dialami, responnya selalu negatif. Ini adalah masalah yang banyak dialami sebagian besar orangtua. Namun, ketika Sara mencoba metode bercerita duluan, anaknya menjadi lebih terbuka. Ia bahkan bercerita tentang kegiatannya di sekolah tanpa perlu ditanya.

"Walaupun menjadi seorang guru membuat saya banyak bercengkerama dengan anak-anak, saya rasa anak saya tetap penasaran apa yang saya lakukan ketika tidak bersama dia" jelas Sara. Dengan berbagi, Sara menjadi lebih dekat dengan anaknya, dan belajar banyak hal tentang anaknya.

Kini, bahkan Sara selalu mendapatkan pertanyaan yang menyenangkan setiap hari dari anaknya. "Ibu, apakah kamu akan bercerita tentang harimu?".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.