Sukses

Kolaborasi Jenius dan KMK Online di Event Brightspot

Jenius dan KMK Online menghadirkan Food Photografer, Fellexandro Ruby menjadi pembicara Talkshow #Jenius Way to be Food Blogger.

Liputan6.com, Jakarta Brightspot X Jenius Live berkolaborasi bersama KMK Online pada Minggu (2/10) lalu menggelar Talkshow: #JeniusWay to be Food Blogger dengan narasumber Fellexandro Ruby, Food Photographer dan Content Maker Vidio.com.

Pada acara yang digelar di Atrium Senayan City, Jakarta ini, Ruby berbagai tentang tips dan trik simpel untuk para food blogger terutama dalam hal fotografi. Karena foto adalah bagian penting yang tak bisa terpisahkan bagi para food blogger.

Di awal presentasinya, Ruby menjelaskan bahwa 80 persen konten yang dibuatkan hanya bermodalkan smartphone. Jadi, siapapun pasti bisa membuat konten dan foto yang menarik. "Hari gini bikin konten mau foto atau video sangat mudah banget. Gak ada alasan untuk kita gak bisa bikin sesuatu yang keren dan asyik," kata pemilik akun instagram @captainruby.

Untuk membuat konten yang bagus, Ruby mengingatkan hal terpenting adalah berani melakukan experiment. Posting foto yang berbeda-beda untuk melihat respon pembaca dan terus gali lebih dalam hal yang menarik serta keunggulan dari masing-masing objek foto.

"Pesan pertama saat buat konten, kita harus tahu audience kita seperti apa?," ujar Ruby. Dan untuk menghasilkan foto makanan yang asyik dan keren, berikut ini adalah tips dan trik simpel dari Ruby.

1. Berteman Dengan Jendela

"Karena cahaya yang paling bagus adalah cahaya matahari, makan hasil foto akan tampak lebih natural," kata Ruby.
Buat kamu yang suka foto makanan, Ruby menyarankan ketika masuk ke cafe atau restoran terlebih dahulu cari tempat yang dekat dengan jendela.

2. Arah Cahaya : KKB

Langkah selanjutnya, adalah menentukan arah cahaya. "Cahaya buat foto makanan yang paling asyik dari sebelah kiri, kanan atau belakang yang biasa disebut KKB (Kanan, Kiri, Belakang)," ucap Ruby.

Bagaimana cara mengetahui arah cahaya? Ruby menjelaskan biasanya akan tampak lebih terang dan cari bayangan, karena bayangan bertolak belakang dengan sumber cahaya. Ruby juga mengingatkan bahwa cahaya dari depan paling tidak pas untuk menghasilkan foto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips dan Trik Simpel Foto Makanan

3. Rajin Selfie

Pelajaran yang bisa didapatkan dengan rajin selfie, menurut Ruby adalah membuat seseorang jadi tahu betul angle terbaik untuk mengambil foto. Hal yang sama juga perlu dilakukan dalam mengambil objek foto, dalam hal ini makanan.

"Semakin sering foto, maka semakin tahu angle mana yang paling bagus," jelas Ruby.

Top Shot merupakan gaya foto paling umum saat ini karena paling aman. Foto dari atas itu, menurut Ruby aman banget, tapi belum tentu yang paling bagus dan efektif. Karena pilihan angle, lanjut Ruby, tergantung pada makanannya.

Misal sebuah makanan steak, bagian yang paling seksi adalah irisannya, ketika irisannya mengarah ke atas, maka angle yang bagus adalah ambil foto dari atas. Jika burger yang difoto, angle yang baik adalah angle 45 derajat. Kalau ambil foto dari atas, hanya tampak rotinya saja.

Ruby pun mengingatkan para food blogger atau siapa saja yang menyukai foto kuliner untuk terus bereksperimen dalam menentukan angle-angle. Gali lebih dalam tentang angle dan lihat perubahannya.

"Karena mengubah angle dapat mengubah cerita dari sebuah foto dan mengubah nilai jualnya," kata Ruby.

Selain 3 tips simpel tersebut, Ruby juga membagikan tips tambahan Karena banyak orang yang mengambil foto melalui smartphone, Ruby berpesan ada tiga hal simpel yang bisa dilakukan untuk mengimprove foto. Diantaranya bersih-bersih lensa, jangan di zoom sebaiknya crop saja, dan fokus sebelum jepret.

Ketiga tips dan trik tersebut, menurut Ruby tak hanya terpakai untuk membuat konten foto melainkan juga konten video.

(Adv)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini