Sukses

Tahukah Berapa Banyak Waktu yang Anda Habiskan untuk Curhat?

Tanpa disadari, setiap orang menghabiskan waktu 6000 jam untuk curhat selama hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda pernah mendengar bahwa pepatah "problem shared is a problem halved" atau yang berarti, masalah Anda sudah separuh selesai jika Anda curhat dengan orang lain. Di Inggris, pepatah ini sepertinya benar-benar dipercaya.

Inggris adalah negara yang dipenuhi oleh pria maupun wanita yang hobi curhat dan menghabiskan waktu rata-rata 6000 jam untuk curhat dalam hidupnya, seperti yang dicatat oleh sebuah penelitian. Dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris yang berusia antara 18 hingga 45 tahun, penelitian ini menemukan bahwa setiap orang menghabiskan waktu hingga 100 jam per tahun dengan meminta pendapat atau dukungan dari sahabat atau keluarga, atau setara dengan 12 hari kerja dalam satu tahun.

Ternyata banyak orang yang butuh diyakinkan oleh keluarga dan sahabat dalam berbagai topik, mulai dari hubungan cinta, fitness, hingga penghasilan dan bujet pengeluaran, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Rabu (5/10/2016). Penelitian yang dilakukan oleh Amigo Loans menemukan bahwa jika semua orang yang curhat harus membayar per jam, maka mereka akan mengeluarkan biaya hingga £70 ribu poundsterling atau sekitar 1,2 miliar rupiah selama hidup mereka. 

 

Isu utama yang paling sering menjadi topik curhat tentu saja adalah hubungan cinta, diikuti oleh resep memasak, tips berkebun, kesehatan, dan bujet pengeluaran hidup. Mungkin Anda pernah mengingat beberapa kali menelpon seseorang untuk menanyakan resep sebuah makanan?

Menurut penelitian ini, rata-rata orang akan bertanya kepada pasangan tentang penghasilan dan tabungan, juga kepada orangtua. Pasangan juga menjadi pilihan utama jika bicara tentang keputusan pembelian properti dan karier. Namun dalam hal berkebun, memasak, dan kesehatan, peran orangtua lebih dicari daripada pasangan dan rata-rata 30 jam konsultasi dan saran dalam setahun. Dan, tidak mengejutkan, banyak orang yang mengandalkan pendapat sahabat tentang hubungan cinta, fashion, dan fitness.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.