Sukses

Liburan Berkesan di Primadona Papandayan Terpopuler di Instagram

Papandayan Camping Ground memberikan pengalaman berlibur menyenangkan meski tanpa mendaki Gunung Papandayan. Ini pengalaman kami

Liputan6.com, Jakarta "Puncak bukanlah segalanya. Takkan lari gunung dikejar." Begitu percakapan kami saat memutuskan apakah bermalam di Gunung Papandayan atau kembali ke Papandayan Camping Ground akhir pekan lalu. Sebab, jadwal pendakian pukul 06.00 WIB terpaksa molor karena kemacetan saat menempuh perjalanan ke Garut.

Ya, kami sampai di Papandayan Camping Ground (PCG) sekitar pukul 06.00 WIB setelah bertolak dari Jakarta sepulang kantor sekitar pukul 21.00 WIB. Kami lebih dulu menikmati kemacetan sepanjang perjalanan, sebelum menikmati keindahan alam di kota yang dikelilingi pegunungan ini.

Di sini kami terbagi dua tim, yang akan naik ke Gunung Papandayan dan yang tinggal di Papandayan Camping Ground. Setelah mengisi perut dan beristirahat sejenak, tim yang akan mendaki Gunung Papandayan pun siap berangkat. Karena tidak menginap, barang bawaan untuk naik bisa ditinggal di PCG untuk meringankan beban.

Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground sendiri terletak di di Kampung Nangklak, Kecamatan Cisurupan. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk Gunung Papandayan. Kurang lebih menempuh 10 menit perjalanan. Meski baru dibuka April 2016, Papandayan Camping Ground langsung menjadi primadona. Sekitar 7.000 orang sudah merasakan sensasi menikmati Gunung Papandayan dengan cara berbeda tanpa kehilangan keindahannya.

Meski menamakan dirinya camping ground, PCG tak hanya menyediakan lahan untuk kemping. PCG juga
menyediakan sensasi bermalam di rumah pohon dan kabin.

Bagi yang ingin kemping tanpa ribet, PCG juga menyediakan seluruh persediaannya. Mulai dari tenda sampai dome. Namun jika membawa tenda sendiri, dikenai biaya Rp 100 ribu untuk menyewa lahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sensasi Bermalam di Tenda, Cabin, dan Rumah Pohon

Kontur tanah berbukit alami menjadi kelebihan PCG. Pengaturan cabin yang berbaris di sebelah kiri dan rumah pohon di kanan juga makin mempercantik panorama PCG yang sudah terlihat dari pintu masuk di resepsionis. PCG juga mempunyai area parkir luas untuk menampung kendaraan Anda.

Kami merasakan semuanya. Bermalam di rumah pohon, cabin, dan tenda. Yang membedakan adalah
kapasitas dan fasilitas toilet. Cabin bisa diisi 3-4 orang sementara rumah pohon dapat menampung 5-6 orang. Fasilitas toilet hanya tersedia di rumah pohon yang terletak persis di bawahnya.

Papandayan Camping Ground

Rumah pohon juga mempunyai balkon di bagian depan lengkap dengan tempat duduk dan meja. Kami
bisa duduk santai dengan kaki menggantung. Atau bercengkerama lebih privat di balkon belakang.  Tersedia juga kursi dan meja di bawah rumah pohon. Menyenangkan!

Soal kebersihan juga memuaskan. Dari seprai, sarung bantal, dan selimut yang diganti saat ada pengunjung baru. Begitu juga dengan kebersihan toilet. Jangan lupa membawa perlengkapan mandi karena tidak tersedia di sini.

Papandayan Camping Ground

Fasilitas lain yang didapat saat menyewa cabin dan rumah pohon adalah kasur busa, sleeping bag, air panas di termos, dan LED lamp. Berbicara tentang lampu, PCG sengaja meminimalisasi penggunaan lampu agar memaksimalkan pengalaman kemping di hutan.

"Tadinya kami memakai lampu sorot, tapi sekarang lampu minyak hanya disediakan untuk yang menginap. Meski nginap nyaman di rumah pohon atau cabin, tapi suasana tetap hutan dan alam," cerita Indra Apriyadi, owner Papandayan Camping Ground, saat menemani kami berkeliling.

Saat berkeliling, terlihat banyak pasangan muda, teman-teman se-geng, keluarga, dan calon pengantin yang memadati area PCG. Mereka asyik berburu foto di berbagai spot.

3 dari 4 halaman

Panorama City Light Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground

Mulai di atas menara, ayunan yang menyebar, sampai spot yang disediakan untuk melihat Kota Garut. Kami tak sabar menunggu saat malam untuk melihat city light Garut.

"Kalau kata anak sekarang pemandangan di sini instagramable. Banyak orang yang tahu tempat ini dari Instagram. Jadi enggak perlu menginap tetap bisa menikmati indahnya PCG," lanjut Indra.

Obrolan ngalor-ngidul sambil menyesap udara sejuk di alam yang mewah pun tersadarkan dengan perut yang mulai lapar. Kami pun memesan nasi goreng kotak ala PCG. Rasa kecapnya yang beda menambah lezat nasi goreng dengan irisan cabai merah di atasnya. Makin lengkap dengan kriuk kerupuk kulit.

Di depan PCG ada beberapa warung makan dengan berbagai varian menu. Ada bakso tahu, jajanan gorengan, dan berbagai rebusan. Di sini juga tersedia dapur yang bisa dipakai bersama. Lengkap dengan kompor dan peralatan untuk memasaknya. Jadi jangan ragu untuk membawa bahan makanan dari rumah untuk diolah.

Benar seperti kata Indra, lepas Maghrib, saat matahari terbenam, PCG seperti gulita. Teh Irvan, petugas yang berjaga malam itu dengan sigap menaruh lampu minyak di rumah pohon dan kursi tempat kami mengobrol. Tak lama rombongan yang mendaki Gunung Papandayan pun tiba kembali di PCG.

Hujan seharian mengguyur mereka membuat kedinginan. Meski dingin tak menghalangi untuk membersihkan badan dengan air pegunungan. Air mandinya dingin luar biasa, tapi bikin nagih. Hehehe...

"Enak banget ada PCG, setelah letih mendaki gunung, kita bisa recovery nginap di sini. Meski enggak kemping, tapi tidur rumah pohon atau cabin Tetap enggak kehilangan nuansa pegunungan dan alam. Bahkan bonus lihat city light," timpal Rocky.

Sayangnya kondisi hujan seharian membuat tanah basah dan licin. Kami harus berhati-hati karena penerangan yang minim. Semoga kelak saat kembali sudah ada penerangan untuk jalan setapak.

4 dari 4 halaman

Menikmati Pagi di Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground

Setelah merasakan dingin yang menggigil meski sudah masuk sleeping bag, selalu ada kehangatan
yang tercipta saat mentari datang. Begitu juga pemandangan sunrise yang memukau. Ya, panorama
citylight berganti dengan semburat jingga yang membuat semua terpana.

Kita bisa kembali berkeliling dengan nuansa yang berbeda. Saat semburat orange memudar, berganti dengan langit biru sempurna dan awan putih yang manja.

Momen kebersamaan pagi kami awali dengan memasak sarapan bersama. Sambil bercengkrama, kita bisa main ayunan ekstrem dengan bagian bawah tebing dan pemandangan memukau Gunung Papandayan.

Tak lama berduyun-duyun orang kembali berdatangan karena penasaran dengan magnet spot foto kece PCG yang dilihatnya dari Instagram. Rasanya kami pun masih ingin berburu foto keren di segala penjuru. Namun aktivitas lain masih menunggu di Ibu Kota.

Bagi yang memutuskan mendaki Gunung Papandayan atau tidak, rasanya sama senangnya saat semua sudah berkumpul di Papandayan Camping Ground. Semoga bisa kembali dan berkumpul lagi di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini