Sukses

Ingin Hidup Lebih Lama dan Umur Panjang? Hindari 2 Hal Ini

Hindari 2 Hal berikut ini bila Anda ingin hidup lebih lama dan umur panjang.

Liputan6.com, Jakarta Pilihan pertama yang dapat Anda lakukan ketika membuat perubahan pola dan gaya hidup adalah berkonsultasi dengan dokter. Rutin berkonsultasi dengan dokter telah terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup dan umur. Pikiran Anda akan lebih tenang karena kesehatan Anda selalu terpantau secara medis.

Anda mungkin juga kerap mencari informasi dari teman-teman, atau internet namun hal tersebut kurang bisa diandalkan. Kini, saatnya berubah dan mengabaikan rumor yang tidak jelas mengenai kesehatan. Seperti dilansir oleh Lifehack, Selasa (27/9/2016), berikut dua hal yang perlu dihindari jika ingin hidup lebih lama dan umur panjang.

1. Bahaya Vaping

Saat ini, Vaping atau rokok elektronik mulai merambah di masyarakat menggantikan rokok tradisional. Informasi tentang kelebihan vaping yang 95 persen lebih aman dibanding rokok tradisional membuat orang semakin tertarik.

Namun, tahukah Anda di Amerika dan beberapa negara lainnya mulai memperketat perizinan produksi vaping. Pernyataan mengenai kelebihan vaping memerlukan persyaratan uji klinis dari lembaga resmi negara. Alangkah baiknya, setiap produsen vaping menyertakan nomor registrasi yang menyatakan lolos uji dari lembaga terkait negara.

Di Amerika, sampai saat ini belum ada perusahaan vaping yang mengajukan dan memvalidasi keamanan vaping kepada pemerintah. Hal ini tentu saja memunculkan pertanyaan, Apakah vaping aman? Ataukah rokok tembakau lebih aman? Yang jelas, mengurangi asap rokok tradisional dan elektonik di keluarga kita tentu akan lebih baik.

2. Vitamin dan Suplemen Penambah Tenaga

Multivitamin dan suplemen penambah tenaga dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Tulisan di botol obat menunjukkan komposisi dan khasiatnya.

Namun hati-hati, Anda harus jeli dan teliti, apakah asupan tersebut telah tergistrasi dari badan registrasi obat dan makanan suatu negara? Apakah registrasi itu resmi? Apakah aman apabila kita konsumsi?

Perusahaan bertanggung jawab untuk mengevaluasi keamanan, pelabelan produk mereka sebelum pemasaran, serta memastikan bahwa obat yang diedarkan telah memenuhi semua persyaratan.

Tentang vaping, vitamin tambahan dan suplemen penambah energi, ada banyak informasi yang kurang tepat di masyarakat. Hal ini memerlukan tindakan pemerintah dan pihak terkait yang tepat untuk menginformasikan dan menertibkan produksi serta pemasarannya.

Apabila Anda masih ragu, segeralah konsultasi dengan dokter ahli. Dokter Anda akan memberikan informasi dan saran yang tepat tentang informasi medis dari apapun yang Anda konsumsi. 


Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.