Sukses

Mengoleksi Prangko Bisa Bikin Anda Lebih Sabar

Nilai sejarah, estetika, bahkan untuk mempelajari inflasi dari nilai yang berubah pada prangko, semuanya ada dalam hobi filateli.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi prangko sebagai alat bayar mungkin sudah mulai menurun. Namun kegiatan mengumpulkan prangko alias filateli masih saja digandrungi oleh sebagian orang. Tentu saja karena ada banyak nilai yang dipelajari dan didapat oleh seorang filatelis.

Nilai sejarah, estetika, bahkan untuk mempelajari inflasi dari nilai yang berubah pada prangko, semuanya ada dalam hobi filateli.

"Manfaat filateli ini salah satunya untuk membentuk karakter, banyak sifat-sifat mulia yang didapatkan seorang filatelis," kata Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia Soeyono di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Filatelis pun memiliki sejumlah sifat mulia, seperti semangat, sabar, jujur, dan berhati-hati. Soeyono mengatakan, peran prangko juga dapat sebagai diplomasi antar negara, mempromosikan negara, bahan pernah dipakai untuk mengumpulkan dana.

Jika Anda ingin meraup semua keuntungan tersebut sebagai filatelis, maka ada cara-cara khusus untuk menjaga kesenangan Anda.

Filateli adalah hobi. Maka rasa cinta akan muncul dengan sendirinya. Namun, untuk menjaga hobi tersebut, Anda harus melakukannya dari cara-cara yang benar-benar disukai.

Filateli terdiri dari beberapa aliran, ada tradisional, sejarah perposan, kreatif, atau tematik. Sehingga Anda bisa mencoba setiap aliran itu untuk mengetahui pintu yang paling Anda nikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.