Sukses

Begini Kepribadian Anda Berdasarkan Foto Profil di Media Sosial

Foto profil di media sosial dapat mengungkapkan kepribadian Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apakah foto profil media sosial Anda menunjukkan kehidupan yang menyenangkan, penuh cinta, dan bahagia? Atau hanya menampilkan foto Anda yang memberikan tatapan kosong dengan filter bernuansa gelap? Bukan hal yang mengejutkan, para ilmuwan dapat menentukan lima kategori ciri-ciri kepribadian.

Lima ciri-ciri kepribadian yang juga disebut The Big Five di antaranya adalah tipe orang yang suka dikelilingi banyak orang dan menikmati menjadi pusat perhatian, orang yang mudah setuju terhadap apa pun, orang yang sangat sadar akan dirinya sendiri dan selalu berusaha melakukan hal yang benar, orang yang cenderung galau dan memiliki emosi negatif atau neurotisme, serta orang yang terbuka untuk pengalaman apa pun.

Dalam sebuah karangan bertajuk Analyzing Personality Through Social Media Profile Picture Choice, sekelompok peneliti menganalisis 66 ribu pengguna Twitter dan mengumpulkan 3200 cuitan mereka yang terbaru. Dalam penelitian ini, 434 pengguna Twitter diberikan tes psikologi untuk mengetahui ciri-ciri kepribadian mereka dalam kategori The Big Five.

Selain menganalisis citra diri mereka secara umum, para peneliti juga menilai perbedaan foto profil dalam hal warna, demografi, komposisi, jumlah orang dalam foto, ekspresi dan presentasi wajah. Mereka kemudian mengaitkan analisis foto profil tersebut dengan lima ciri kepribadian, dan menemukan bahwa setiap tipe dalam The Big Five memiliki spesifikasi foto profil tertentu. Orang-orang dengan kepribadian terbuka memiliki foto profil dengan nilai estetika yang lebih tinggi, gambar yang tajam, dan tidak kabur.

Tipe seperti ini juga akan memiliki foto-foto Instagram yang mengesankan. Orang yang memiliki ciri-ciri kepribadian terbuka cenderung tidak menampakkan wajah mereka, jadi selfie bukanlah pilihan. Pemilik kepribadian neurotic menyukai foto simpel tanpa banyak warna. Sedangkan orang-orang sadar akan diri sendiri dan berusaha melakukan hal yang benar menyukai foto profil yang terang dan cerah, dengan warna-warna natural. Bagaimana dengan orang yang suka menjadi pusat perhatian? Mereka memilih foto yang juga penuh warna dan cerah, namun bersama dengan beberapa orang lainnya dalam satu foto. Pemilik kepribadian yang mudah setuju dan tidak suka melawan menampilkan foto yang penuh warna, cerah, tetapi juga blurry.

Berdasarkan hasil penelitian yang cukup konsisten, para peneliti percaya bahwa Anda dapat menebak kepribadian seseorang dengan tepat hanya berdasarkan foto profil di media sosial. Tertarik untuk mencoba dan menebak kepribadian teman-teman Anda di media sosial?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.