Sukses

5 Strategi Jitu Berhemat untuk Karyawan yang Tinggal di Rumah Kos

Supaya kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih hemat, coba periksa 5 strategi jitu berikut

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu adalah seorang pekerja kantoran yang tinggal di rumah kos? Bagi yang iya, tentu kamu akan sadar kalau hidup sebagai anak kos itu cukup sulit dalam manajemen keuangan. Sebagian penghasilan habis untuk membayar biaya kos bulanan, yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, masih ada biaya sehari-hari seperti makan atau hang out dengan teman-teman. Supaya kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih hemat, coba periksa 5 strategi jitu berikut:

1. Coba periksa keberadaan kantin atau koperasi karyawan 
Koperasi dan kantin karyawan mungkin tidak semewah supermarket ataupun restoran-restoran di mal, namun harga barang-barang yang mereka tawarkan cenderung jauh lebih bersahabat untuk kantong anak kos. Jika ada program berlangganan di koperasi karyawan, kamu bisa memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan diskon.

2. Banyak minum air putih
Salah satu cara berhemat terbaik untuk kos adalah perbanyak minum air putih dibandingkan minuman lain seperti kopi. Coba bayangkan kalau kamu menghabiskan Rp 30 ribu untuk kopi. Dalam sebulan, kamu bisa menghemat hingga Rp 900 ribu. 

3. Usahakan agar perut tidak kosong kalau mau nongkrong
Nongkrong memang seru, apalagi kalau dilakukan di kafe. Sayangnya nongkrong di kafe termasuk pengeluaran yang agak boros, kalau dilakukan terlalu sering. Untuk menghindari terlalu banyak makanan yang dipesan, sebaiknya isi perut kamu terlebih dahulu, supaya kamu sudah puas hanya dengan memesan satu jenis minuman saja.

4. Usahakan untuk menarik uang dari ATM secara mingguan
Cobalah buat perkiraan berapa jumlah uang yang kamu perlukan setiap minggu. Setelah itu, Tarik tunai sejumlah uang yang kamu perlukan tersebut sekali dalam seminggu saja, kemudian simpan kartu debit di kos. Dengan begini kamu secara tidak sadar akan berusaha untuk menghemat uang mingguan tersebut.

5. Pakai tas ukuran kecil untuk belanja
Bayangkan kalau kamu membawa-bawa troli ketika belanja mingguan, atau bulanan di supermarket atau mini market. Jika kamu agak sulit menahan godaan, maka kamu akan mudah tergoda untuk memenuhi troli belanja. Usahakan belanja dengan keranjang belanja saja, atau bawalah tas kecil yang juga berfungsi sebagai pengganti plastik belanja.

Salah satu cara lain untuk berhemat adalah dengan belanja menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memiliki fitur seperti diskon atau cash-back yang bisa membantu kamu berhemat, asal digunakan sesuai dengan kebutuhan. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini