Sukses

Pengibaran Bendera Merah Putih di Danau Terdalam di Asia Tenggara

Sekelompok penyelam dari Sulawesi Selatan mengibarkan bendera Merah Putih di Danau Matano, danau terdalam di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Luwu Timur Sekelompok penyelam yang tergabung dalam Sorowako Diving Club (SDC) mengibarkan bendera Merah Putih di Danau Matano yang merupakan danau terdalam (590 meter) di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia, pada Rabu (17/08/2016). Liputan6.com berhasil menghubungi salah satu perwakilan SDC, I Putu Adi Artana (33). Ia mengungkapkan bahwa penyelaman dilakukan di kedalaman 11.9 meter pada pukul 8.45 WIB. Putu menjadi salah satu tim Sorowako Diving Club yang mendokumentasikan kegiatan ini.

Awalnya Putu dan tujuh orang rekan penyelam lainnya merencanakan pengibaran bendera Merah Putih di kedalaman 17 meter. Namun mereka mengalami beberapa kesulitan hingga akhirnya hanya bisa menyelam pada kedalaman 10 meter.

"Salah satu faktor yang menghambat untuk mengibarkan bendera Merah Putih di kedalaman 17 meter adalah kurangnya cahaya," tutur Putu.

Putu menuturkan bahwa kegiatan ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan. Kegiatan pengibaran bendera Merah Putih rutin dilakukan Sorowako Diving Club setiap tanggal 17 Agustus. 

"Kendala yang sering dihadapi adalah persiapan alat dan mekanisme pengibaran bendera. Pernah kita coba pakai tiang, tapi susah sekali. Kendala lainnya adalah bouyancy, karena kami bukan club profesional, sekadar hobi dan hiburan. Jadi terkadang beberapa anggota tidak bisa mengatur bouyancy dengan baik. Maka pengibarannya dilakukan di tumpuan dasar danau," ucapnya.

Pengibaran merah putih di danau terdalam di Asia Tenggara (I Putu Adi Artana/Istimewa)

Selain merekam pengibaran bendera dengan menggunakan kamera underwater, Putu juga mengombinasikan video rekaman pengibaran bendera dengan menggunakan sudut pandang dari udara menggunakan pesawat nirawak, drone. Putu juga seorang fotografer yang kerap memamerkan hasil karyanya melalui halaman fans pagenya di Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Danau Matano Sulawesi Selatan

Putu berharap langkahnya bisa menginspirasi orang lain untuk mengibarkan bendera Merah Putih di tempat-tempat terdalam, tertinggi, sungai terbesar, hingga jembatan terpanjang yang ada di Indonesia sebagai wujud ekspresi dalam mensyukuri kemerdekaan.

Pengibaran merah putih di danau terdalam di Asia Tenggara (I Putu Adi Artana/Istimewa)

Putu pernah mencoba untuk mengibarkan bendera di atas Danau Matano dengan menggunakan drone, tetapi belum berhasil. Putu berharap bisa mewujudkan mimpinya mengibarkan Merah Putih di atas danau terdalam nomor delapan di dunia, Danau Matano, bisa terlaksana pada HUT RI tahun depan.

Cek harga tiket pesawat termurah untuk bisa mengunjungi dan menyaksikan keindahan birunya air Danau Matano, Sulawesi Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini