Sukses

Ikatan Kuat dengan Peliharaan Dapat Tingkatkan Percaya Diri

Ikatan batin kuat dengan binatang peliharaan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian yang menemukan bahwa memiliki binatang peliharaan dapat menurunkan hormon cortisol, dan memotivasi Anda untuk olahraga lebih giat. Namun, seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Senin (15/8/2016), penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki hubungan kuat dengan binatang peliharaan memiliki keuntungan yang lain.

Studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan, orang yang memiliki hubungan yang kuat dengan peliharaan memiliki rasa percaya tinggi yang tinggi. Karena itu mereka lebih bahagia, dan memiliki tingkat stres yang kecil. Menurut Brian Hare, Ph.D., profesor di Duke University, jika Anda ingin lebih dekat dengan anjing atau peliharaan Anda, coba pelajari cara kerja otaknya.

Bagaimana cara mengetahui ikatan kuat dengan binatang peliharaan Anda? Simak tanda-tandanya berikut ini.

Saat Anda menunjuk sesuatu, ia akan melihat benda yang ditunjuk

Seperti anak kecil yang dapat menangkap bahasa tubuh orang dewasa, penelitian menemukan anjing juga dapat membaca gerakan tubuh manusia, dan belajar mengetahui apa yang diinginkan pemiliknya. Jika anjing mengikuti bahasa tubuh Anda dengan matanya, artinya ia komunikator yang baik yang bergantung pada Anda untuk membuat keputusan, dan untuk memecahkan masalah.

Jika Anda menguap, anjing Anda juga ikut menguap

Menguap adalah sebuah kebiasaan yang menular yang dilakukan manusia. Hal ini biasanya dilakukan juga oleh anjing peliharaan, namun ini mereka lakukan karena meniru orang yang ia anggap dekat. Coba saja pura-pura menguap di depan anjing Anda, jika ia tidak dapat menutup rahangnya, itu berarti terdapat empati dan koneksi diantara Anda dan anjing.

Ia melirik Anda tanpa alasan

Jika binatang peliharaan Anda menatap mata Anda,  ia melepaskan hormon oksitosin di antara Anda dan dia. Ini adalah hasil dari hubungan yang disebut ikatan empati. Anda berdua merasa saling menghargai dan dihargai.

Namun, jika anjing Anda tidak melakukan tanda-tanda di atas, maka Anda butuh waktu untuk menghabiskan waktu berdua. Buat jadwal untuk pergi berdua ke taman, atau olahraga bersama. Lakukan banyak hal yang dapat memperkuat koneksi Anda dengan binatang peliharaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini