Sukses

Mengejutkan, Ini Bahaya Mengisi Ulang Botol Minum Setiap Hari

Ternyata mengisi ulang botol minum setiap hari memiliki dampak berbahaya bagi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Informasi yang selalu Anda dengar adalah bahwa manusia dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih sehari demi kesehatan. Mungkin Anda juga pernah mendapatkan informasi bahwa terlalu banyak mengonsumsi air putih juga tidak baik bagi Anda.

Informasi terkini mungkin akan membuat Anda lebih terkejut. Walaupun air putih adalah hal yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan manusia, botol minum Anda justru memiliki efek yang sebaliknya. Ya, botol minum yang setiap hari Anda gunakan ternyata bisa membawa penyakit bagi Anda.

Seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Jumat (12/8/2016), para peneliti telah menguji botol minum yang telah digunakan dalam seminggu. Dan bagian yang menakutkan? Salah satu botol dengan jumlah bakteri tertinggi memiliki lebih dari 900 ribu bakteri per cm persegi. Jika itu tidak masuk akal untuk Anda, gambarannya adalah, jumlah bakteri tersebut lebih banyak daripada kursi toilet. Siapa sangka, botol minum yang bersentuhan dengan mulut Anda setiap hari memiliki bakteri lebih banyak daripada toilet.

Beberapa jenis botol lebih baik, dimana botol dengan tutup bergeser mengandung paling banyak bakteri, yaitu kira-kira sebanyak 934 ribu bakteri per cm persegi, dibandingkan botol dengan tutup berputar yang mengandung bakteri sekitar 160 ribu per cm persegi. Botol minum yang paling aman adalah botol dengan sedotan.

Sesungguhnya, tidak ada botol minum yang benar-benar bersih dari bakteri. Botol minum rata-rata memiliki 313 bakteri per cm persegi, jumlah bakteri yang sangat banyak untuk bersentuhan dengan mulut Anda. Anda tentu tahu bahwa jenis bakteri di botol minum berbeda dengan bakteri yang terkandung dalam minuman yogurt. Bakteri di botol minum Anda benar-benar dapat menyebabkan penyakit. Jadi, jika Anda merasa kurang sehat, ada baiknya memeriksa atau bahkan mengganti botol minum Anda. Untuk mencegah bakteri berkumpul di botol minum Anda, cuci botol tersebut dengan air sabun panas di setiap pemakaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini