Sukses

Ini 5 Hal Terburuk yang Terjadi di Olimpiade Rio 2016

Ingin tahu apa saja hal terburuk yang menjadi masalah bagi para atlet di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro saat ini? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Olimpiade 2016 Rio de Janeiro telah memasuki pertandingan hari kedua. Seluruh dunia antusias menantikan aksi terbaik dari para atlet. Dilansir dari cheatsheet.com, Senin (8/8/2016), masih banyak orang tidak tahu bahwa ajang Olimpiade ini sendiri mengandung banyak dilema. Berikut ini adalah beberapa hal terburuk yang dapat Anda temukan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

1. Skandal doping Rusia
Anda mungkin pernah mendengar tentang skandal doping sebelumnya, namun skandal ini sepertinya tidak hanya terjadi di Rusia, namun juga di Brasil sendiri.

Thomas Bach selaku International Olympic Committee President sedang berbicara tentang situasi doping Rusia. Sumber : cheatsheet.com

Sementara International Olympic Committee (IOC) telah menetapkan aturan ketat tentang hal ini, namun tampaknya skandal doping telah merajalela dengan setidaknya ada 85 orang Rusia yang secara resmi dicoret oleh Olimpiade karena doping.

2. Virus Zika
Setelah Zika dinyatakan sebagai virus yang dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, tidak mengejutkan jika World Health Organization (WHO) mengelurkan pernyataan darurat kesehatan masyarakat dunia.

Ancaman virus Zika sangat nyata bagi para atlet yang ikut bertanding di Olimpiade Rio 2016. Sumber : cheatsheet.com

Selain itu, karena kekhawatiran inilah, banyak atlet terbaik dunia ditarik keluar dari Olimpiade Rio 2016, sementara sisanya memilih untuk membekukan sperma mereka menjelang Olimpiade. Secara tidak langsung, virus Zika memaksa banyak pihak melakukan tindakan pencegahan ekstra yang harus dilakukan.

3. Tempat tinggal para atlet selama Olimpiade tidak layak

Kitty Chiller selaku pemimpin tim Olimpiade dari Australia sedang mengemukakan masalahnya dengan asrama para atlet di Rio. Sumber : cheatsheet.com

Kondisi asrama para atlet selama Olimpiade dinilai sangat jauh dari keindahan, bahkan tidak layak. Kabarnya mereka tinggal di hotel terdekat dengan tempat berlangsungnya pertandingan, karena desa di sana dinilai tidak aman atau tidak siap.

4. Tidak ada permainan Pokemon Go
Anda boleh percaya atau tidak, namun beberapa atlet benar-benar menyayangkan bahwa di tempat mereka tinggal selama Olimpiade tidak ada Pokemon Go. Salah satu yang mengeluhkan hal ini adalah Abby Johnston, penyelam dari Amerika. Sekarang mungkin Anda terkejut bagaimana permainan ini berubah menjadi obsesi bagi banyak orang.

5. Air yang terkontaminasi dengan sangat buruk

Air di Rio mengandung banyak virus dan bakteri yang dapat membahayakan kondisi kesehatan para atlet. Sumber : cheatsheet.com

Mungkin Anda telah mendengar tentang hal ini sebelumnya, atau belum sama sekali? Ya, sebuah laporan dari New York Times menyatakan bahwa beberapa tes menunjukkan bahwa air yang digunakan di Olimpiade penuh dengan bakteri super rotaviruses, bakteri yang ditemukan pada orang diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.