Sukses

Ini Atlet Amerika yang Pertama Memakai Hijab di Olimpiade 2016

Ibtihaj Muhammad, atlet asal Amerika pertama yang memakai hijab di Olimpiade Rio 2016.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum terbang ke Rio de Janerio untuk Olimpiade Rio 2016, atlet anggar asal Amerika, Ibtihaj Muhammad, menghampiri acara The Late Show with Stephen Colbert. Dalam kesempatan ini, ia tak hanya memberi tips bermain anggar kepada para penonton, namun ia juga berbagi cerita bagaimana seorang Muslim tumbuh menjadi atlet nasional.

Dilansir dari Nymag.com, Minggu (7/8/2016), Ibtihaj juga disebut sebagai salah satu dari 100 Most Influential People tahun ini, menurut majalah Time. Tak hanya itu, ia juga menjadi orang Amerika pertama yang berkompetisi di Olimpiade 2016 dengan menggunakan hijab.

"Saya ingat saat kecil saya sering dibilang tidak dapat melakukan banyak hal, karena saya adalah keturunan Afrika-Amerika atau seorang Muslim. Dalam masyarakat, banyak orang yang salah paham tentang Muslim, khususnya sekarang. Maka itu, saya ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa umat Islam termasuk anggota masyarakat yang produktif, dan melakukan banyak hal, termasuk berpartisipasi dalam Olimpiade untuk tim Amerika" ceritanya.

Selain aktif dalam kegiatan anggar dan persiapan Olimpiade 2016, Ibtihaj juga memiliki merek pakaian Muslim, bernama Louella.

"Dalam dunia mode Muslim, atau biasa disebut modest wear, banyak mengalami keterbelakangan. Terdapat pakaian Muslim di Amerika, tapi tidak banyak yang lucu dan stylish. Maka dari itu, saya ingin menciptakan modest wear yang tak hanya terjangkau dari segi harga, namun juga terlihat gaya." tambah Ibtihaj.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.