Sukses

Bukan Dasi, Ini Seharusnya Busana Menteri Baru Saat Pelantikan

Seharusnya para menteri baru Kabinet Kerja Jokowi-JK memakai busana ala Indonesia ini saat pelantikan

Liputan6.com, Jakarta Setelah tampil dengan kemeja putih dan celana hitam saat pengumuman, ke-12 menteri hasil reshuffle Kabinet Kerja Jokowi-JK menjalani pelantikan. Tampil lebih formal, para pria mengenakan jas dan dasi serta batik untuk wanita.

Secara awam, tak ada yang salah dengan penampilan para menteri baru. Namun hal itu disayangkan oleh pengamat mode dan desainer senior Indonesia Musa Widyatmodjo. Menurutnya, Indonesia juga mempunyau busana formal yang pas untuk para petinggi negara.

"Kita punya, kok, gaya formal busana ala Indonesia yang harus dibanggakan. Kalau dilibatkan, saya tidak ingin memakai dasi tapi tetap berjas. Jas ala Indonesia bisa memakai beskap seperti jas Betawi," jelas Musa saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (27/7/2016).

Idealnya diperlukan pembaharuan dalam sebuah busana untuk membentuk kharisma. Sebab kharisma tidak datang dengan sendirinya, tetapi karena perencanaan yang matang, salah satunya dari pemilihan pakaian.

"Seperti Soekarno yang justru dikenal mempunyai latar belakang militer karena jas ikoniknya. Konsep itu berhasil karena banyak orang menyangka ia adalah Jenderal. Kenapa, sih, tidak berkolaborasi dengan desainer untuk fashion diplomacy?" lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.