Sukses

Trip Keren: Eksotika Pemandangan Matahari Terbit Candi Borobudur

Di balik cerita legenda, fakta unik, dan kemegahannya, Candi Borobudur menyimpan pemandangan matahari terbit yang eksotis.

Liputan6.com, Jakarta Di balik cerita legenda dan kemegahannya, Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah ternyata menyimpan fakta menarik. Endang Soegiarti, Dosen Astronomi ITB pernah mengungkap, jumlah stupa yang ada pada Candi Borobudur melambangkan ilmu astronomi.

Baginya, Candi Borobudur bukan hanya sekadar candi, dalam ilmu astronomi, candi yang dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 masehi ini juga merupakan kalender raksasa.

Banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, yang datang dan mengagumi keindahan Candi Borobudur. Pada perayaan Waisak, salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Joglosemar ini kerap dipenuhi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan ratusan lampion yang diterbangkan ke langit. Tak hanya itu, saat fajar tiba Candi Borobudur juga menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang mengagumkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.