Sukses

Begini Cara Mudah Menyulap Pakaian Jadi Kantong Belanja

Jangan buang dulu pakaian lama Anda, dengan sedikit sentuhan seni, Anda bisa menggunakannya kembali menjadi kantong belanja unik.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang akan Anda lakukan dengan pakaian lama? Sebagian besar orang membiarkannya di dalam lemari, dan sebagian yang lain membuang begitu saja. Jangan dulu buang pakaian lama Anda, pasalnya dengan sedikit sentuhan seni, pakaian lama akan menjadi suatu yang baru, yang bahkan bisa membuat diri Anda benar-benar unik.

Seperti dilansir dari deliacreates.com, Rabu (13/7/2016), kaus lama Anda bisa digunakan kembali sebagai tas belanja yang bernilai seni tinggi. Alih-alih ingin menciptakan seni, Anda juga berperan aktif dalam menjaga limbah pakaian dari tempat pembuangan sampah yang kian hari semakin menumpuk.

Anda hanya perlu menyiapkan tiga hal kecil untuk membuat kantong belanja dari pakaian lama, yaitu gunting, alat jahit dasar, dan pakaian lama yang sudah tidak terpakai. Cara membuatnya pun sangat sederhana, Anda perlu menggunting bagian lengan, lalu jahit sesuai dengan ukuran kaus. Semakin besar ukuran kaus semakin besar juga kantong yang akan Anda buat.

foto: deliacreates

Langkah kedua adalah membuat pola bahan yang sudah dijahit sehingga menyerupai kantong belanja, lengkap dengan pegangan tangan. Setelah itu, Anda perlu membuat lubang-lubang kantong cukup dengan mengguntingnya secara horisontal tanpa membuat lubang sungguhan. Lubang kantong belanja akan terbentuk sendiri dengan memanfaatkan sifat elastis yang ada pada bahan kaus. Selesai memberikan lubang, Anda sudah bisa memakai kantong belanja buatan tangan sendiri.

foto: deliacreates

Penggunaan kembali pakaian yang sudah tidak terpakai merupakan suatu perbuatan kecil namun memiliki dampak yang luar biasa besar. Di Amerika tercatat, hanya 15 persen pakaian bekas yang mampu didaur ulang, sisanya sebesar 10 juta ton berakhir di tempat pembuangan sampah tiap tahun. Tak hanya itu, hal penting lainnya yang jarang diketahui banyak orang adalah, tiap potong pakaian yang diproduksi dihasilkan dengan mengorbankan lingkungan.

foto: deliacreates

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini