20 Tips Mudah untuk Membuat Perjalanan Mudik Lebih Menyenangkan

Oleh Annabella Siahaan pada 03 Jul 2016, 18:57 WIB
Diperbarui 03 Jul 2016, 18:57 WIB
25 Tips Mudah untuk Membuat Perjalanan Mudik Lebih Menyenangkan
Perbesar
Perjalanan mudik yang panjang terasa lebih menyenangkan dengan 25 tips mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan mudik Lebaran bisa jadi waktu yang sangat menyenangkan, atau terasa begitu melelahkan. Berikut adalah beberapa cara dan persiapan yang dapat memastikan Anda bertahan dan membuat perjalanan mudik lebih terasa menyenangkan, seperti yang dilansir dari Lifehacker.com pada Minggu (3/7/2016).

1. Menetapkan batas berkendara dan menaatinya

Beberapa orang hanya akan menyetir 10-12 jam sehari. Jika perjalanan ternyata lebih singkat dari yang diperkirakan, jangan paksakan tubuh untuk menyetir melebihi waktu yang sudah Anda tetapkan.

2. Pilih musik yang ingin Anda dengarkan sebelum Anda pergi

Jika Anda tidak ingin mendengarnya lagu tertentu, lebih baik menyusun playlist sebelum melakukan perjalanan karena lagu-agu yang buruk akan mengalihkan perhatian Anda saat Anda mengemudi.

3. Manfaatkan rest area

Berhenti di rest area memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat sejenak. Mungkin Anda ingin membeli cemilan, ngopi atau ke kamar kecil.

4. Pastikan gawai dalam keadaan penuh batere

Anda juga bisa membeli charger atau batere gawai ekstra dan menyimpannya. Percayalah, memiliki ekstra charger akan menyelamatkan hidup Anda saat Anda meninggalkan charger lama di suatu tempat.

5. Jangan lupa stretching setiap ada kesempatan

Lakukan peregangan setiap kali Anda berhenti. Duduk berjam-jam di dalam mobil terasa tidak nyaman, sehingga setiap kali Anda berhenti, gunakan waktu untuk meregangkan kaki, lengan, dan punggung. Tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.

6. Berkendara dengan sepatu yang nyaman

Jika Anda yang menyetir, pilih sepatu yang paling nyaman. Mungkin bertelanjang kaki atau sandal jepit adalah pilihan yang lebih nyaman, namun jika Anda berada dalam suatu kecelakaan, kaki Anda akan terkoyak dan bahkan mungkin diamputasi tanpa perlindungan yang memadai. Jika kendaraan Anda rusak dan Anda harus berjalan, memiliki sepatu yang aman dan nyaman akan membuat berjalan lebih mudah.

7. Persiapkan senter

Sebaiknya Anda memiliki senter dan batere ekstra tersedia di kendaraan Anda. 

8. Persiapkan makanan dan minuman kecil

Jika Anda menemukan diri dalam situasi yang tak terduga, makanan energi tinggi (protein dan karbohidrat) adalah pilihan yang terbaik. Jangan khawatir tentang diet Anda, lebih baik Anda fit dan kuat untuk melakukan perjalanan panjang daripada sakit di tengah jalan.

9. Ciptakan mood positif

Jika Anda dalam keadaan bete sebelum mudik, singkirkan perasaan negatif tersebut sebelum memulai perjalanan. Perasaan bete hanya akan membuat suasana tidak menyenangkan.

10. Siapkan musik yang disukai orang

Jangan sampai ada yang tersiksa karena selera musik yang berbeda dalam perjalanan. Pilihlah lagu-lagu yang dapat dinikmati oleh semua orang, daripada bertengkar karena perkara memilih lagu.

11. Jangan mengambil jalur yang tidak pasti

Jalur potongan memang menggoda karena dapat mengurangi durasi perjalanan, namun jika jalur potongan tersebut justru lebih macet, yang terjadi adalah perdebatan dan saling menyalahkan. 

12. Beristirahatlah jika ada yang meminta

Jangan marah jika ada salah satu penumpang yang meminta agar mobil berhenti sejenak, kecuali untuk alasan-alasan yang tidak penting. Lebih baik lagi jika semua membuat kesepakatan tempat-tempat mana saja yang akan jadi perhentian.

13. Tentukan siapa saja yang akan menyetir

Sebelum berangkat mudik, tentukan giliran menyetir agar tidak terjadi perdebatan dalam perjalanan. Bergantian menyetir akan memberikan waktu untuk beristirahat.

14. Tak perlu memberikan nasihat dalam menyetir

Setiap orang memiliki cara dan kebiasaan menyetir yang berbeda-beda. Memberikan koreksi akan terasa mengganggu daripada membantu saat perjalanan begitu panjang dan lama.

15. Hindari objek pembicaraan yang dapat memicu konflik

Jika ada topik pembicaraan tertentu yang dapat memancing pertengkaran, lebih baik dihindari saja dan cari topik pembicaraan lain yang lebih netral. Tak ada yang ingin berada dalam satu mobil yang penuh dengan orang-orang bete, bukan?

16. Jika ada penumpang yang sakit atau kelelahan, cari perhentian

Pada akhirnya, Anda pasti akan tiba di tujuan. Jangan sampai penumpang yang sakit tidak dipedulikan hanya karena Anda mementingkan untuk tiba di tujuan dengan lebih cepat.

17. Jangan lupa membuat reservasi

Apakah Anda akan menginap di hotel, atau menyewa mobil, pastikan semua sudah direservasi sebelumnya untuk menghindari kerepotan saat Anda tiba nanti.

18. Tentukan bujet

Pastikan Anda sudah mempersiapkan bujet untuk mudik. Bensin, sewa mobil, cemilan membutuhkan bujet agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

19. Jaga kebersihan tubuh

Tubuh Anda harus bersih dan wangi saat memulai perjalanan mudik, mengingat Anda akan berada dalam mobil untuk waktu yang lama. Jangan lupa mempersiapkan pakaian ganti dan toiletries seperti odol, sabun, tisu basah dan handuk kecil.

20. Persiapkan bantal kecil

Anda tentu akan mengantuk dan beristirahat di tengah-tengah perjalanan. Daripada bersandar dan mengganggu orang lain, lebih baik mempersiapkan bantal kecil agar Anda dapat tidur dengan lebih nyaman.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.