Sukses

8 Panduan Sukses Didik Anak Sesuai Bakatnya

Banyak orang terjebak pada bidang kerja yang tak sesuai. Berikut ini cara didik anak agar bahagia dan sukses sesuai dengan bakatnya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang psikolog dan penulis tentang multiple intelligences theory atau teori kecerdasan ganda, Horward Gardner mengemukakan ada delapan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia. Namun, sayangnya sistem pendidikan modern pada umumnya hanya menekankan dua jenis saja sehingga ada kasus siswa yang behasil dan tidak dalam studi formal mereka.

Selain itu Horward juga mengatakan adanya Teori Acorn yang menyatakan bahwa alam telah memberikan setiap orang potensi unik dalam diri mereka sendiri. Ternyata bukanlah perkara sulit untuk memahami bakat anak agar mereka kelak menjadi pribadi yang bahagia dan sukses di masa depan jika Anda bisa menentukan kecerdasannya.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Sabtu (24/6/2016), Liputan6.com merangkum kedelapan jenis kecerdasan sebagai panduan Anda mendidik anak agar mereka bisa bahagia dan sukses sesuai dengan bakat serta minatnya.

1. Linguistik

Kecerdasan ini menunjukkan bahwa dirinya sangat menyukai kata-kata, baik lisan atau tulisan. Anak-anak dengan jenis kecerdasaan seperti ini sangat suka mendengarkan dongeng atau cerita yang dibacakan oleh siapapun. Mereka cepat untuk memahami pembicaraan, bacaan, mahir menulis, dan bahkan belajar bahasa baru. Bagi anak-anak dengan kecerdasan ini sangat penting mendapat pendidikan melalui bahan cerita dan diskusi.

2. Matematika

Kecerdasan ini menunjukan anak-anak yang bersemangat tentang dunia angka. Mereka umumnya baik dalam menghafal tanggal kejadian dan nomor telepon. Selain itu, mereka suka memecahkan masalah matematika, menghitung, dan akuntansi. Anak-anak dengan kecerdasan jenis ini umumnya memiliki kemampuan menganalisis dan menemukan hubunga sebab-akibat.

3. Visual Spasial

Anak-anak dengan kecerdasan ini bisa berjam-jam bermain dengan mainan kayu atau sesuatu yang bergerak. Mereka suka memecahkan teka-teki atau mencari jalan keluar dari labirin. Anak-anak dengann kecerdasan spasial memiliki imajinasi yang baik, suka melamun, dan menggambar. Mereka pun merasa kombinasi warna dan rasa menjadi daya tarik, ketimbang pakian. Kecerdasan ini memampukan seseorang untuk mewujudkan ide ruang di sekitar mereka menjadi kenyataan.

4. Kinestetik-jasmani

Tubuh adalah sarana utama bagi anak-anak dengan kecerdasaan jenis ini untuk mengekspresikan diri. Anak-anak ini lebih baik menyampaikan perasaan mereka melalui gerakan, seperti tarian ketimbang kata-kata. Mereka adalah tipe orang yang intrinsik dan memiliki ketertarikan besar pada dunia olahraga dan latihan fisik.

5. Musikal

Anak-anak dengan kecerdasaan jenis ini mampu merasakan ritme, memiliki kepekaan pada musik, dan tertarik pada instrumennya. Pada tahun-tahun remaja mereka, mungkin akan mendengarkan musik keras, tertarik menjadi musisi,, bernyanyi dalam paduan suara, atau gemar bermain instrumen. Mereka pun memiliki kemampuan untuk mengevaluasi musik, cepat untuk memahami dan memutar lagu dan sering bernyanyi bagi diri sendiri dengan suara keras.

6. Naturalis

Jenis kecerdasan ini membawa anak-anak untuk tertarik pada segala sesuatu yang hidup, seperti alam, hewan, dan tumbuhan. Anak-anak ini sangat suka dengan eksperimen dengan tumbuhan atau bahkan memperhatikan perubahan pada diri mereka sendiri. Mereka juga memiliki ketertarikan yng lebih saat meneliti serangga, tanaman, dan menonton fenomena alam.

7. Intrapersonal

Anak-anak dengan kecerdasan jenis ini memiliki perasaan yang kuat perihal identitas diri sendiri dan bahkan lebih dini. Mereka memahami betul perasaan dan mampu untuk mengendalikannya. Mereka mampu membuat diskusi dengan diri sendiri dan mendatangkan ide-ide yang masuk akal. Biasanya, anak-anak dengan kecerasan ini cenderung tertutup dan pemalu. Sehingga ketika dewasa, mereka semakin mempertanyakan tentan hidup dan mati, serta masalah eksistensial lainnya.

8. Interpersonal

Anak-anak dengan kecerdasan seperti ini memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga cepat melakukan kontak dengan orang lain. Mereka mampu untuk membuat orang lain menjadi seperti diri sendiri dan menggunakan pengaruh dengan bijak. Mereka mampu beradaptasi di lungkungan baru dengan cepat dan terlahir sebagai seorang negosiator ulung. Beberapa tanda anak yang punya kcerdasan ini biasanya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, humoris, dan berkarisma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.