Sukses

Ini Pesan Haru Warga Hiroshima untuk Presiden Obama

Inilah pesan yang ingin disampaikan warga Hiroshima kepada Presiden Obama.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Obama akan menjadi presiden Amerika pertama yang mengunjungi Hiroshima sejak bom atom dijatuhkan di sana 71 tahun yang lalu. Seperti dilansir dari Buzzfeed.com, Kamis (26/5/2016), pada hari Jumat 27 Mei 2016, Presiden Barack Obama akan mengunjungi Hiroshima. 

Sebelum kunjungan Obama, BuzzFeed mendapatkan beberapa warga Hiroshima yang ingin menyampaikan pesan kepada Amerika Serikat dan Presiden Obama. Berikut pesannya.

Tolong jangan ada lagi senjata nuklir!

"Kami tidak pernah benar-benar berpikir tentang hal ini, namun yang jelas, kami tidak ingin ada senjata nuklir. Menakutkan. Kami ingin Presiden Obama untuk mengunjungi Monumen Perdamaian Hiroshima. Kami tidak ingin ada lagi yang melakukan hal seperti itu".

Tolong hapus semua senjata nuklir. Kami disini masih menderita
"Ibu saya sudah mandi dengan hujan hitam, tapi karena dia tidak punya saksi, dia tidak diakui sebagai korban dari bom atom. Paman dan bibi yang terkena radiasi. Saya ingin Obama tahu bahwa masih ada orang yang menderita bom".

Silakan belajar bagaimana ngerinya bom nuklir
"Ada makna untuk kedatangan Obama ke Hiroshima. Bukan permintaan maaf. Ada perang terjadi di seluruh dunia saat ini, itu akan bermakna jika ia dapat sadar bahwa bom atom tidak boleh diulang lagi".

Buat dunia lebih damai untuk anak-anak ini
"Saya ingin Obama tahu bahwa ada rasa sakit yang disebabkan oleh perang. Karena AS adalah negara yang telah menjatuhkan bom atom, saya pikir sekarang waktunya  membuat dunia lebih damai".

Perdamaian dunia, untuk selama-lamanya
"Ini adalah kedua kalinya aku mengunjungi Hiroshima. Ketika aku berusia sekitar usia putri saya, saya mengunjungi di sini, dan saya merasakan kengerian bom nuklir. Saya ingin anak saya tahu kehororan ini, jadi itu sebabnya kami berada di sini bersama-sama sekarang. Saya ingin orang-orang di seluruh dunia untuk memahami bahwa ini adalah sesuatu yang seharusnya tidak pernah terjadi lagi".

Tolong hapus senjata nuklir, saya mohon
"Ibu saya adalah anak dari korban bom atom. Ayah saya mandi di hujan hitam. Orang-orang di Hiroshima entah bagaimana terpengaruh oleh bom. Mereka tenang, tapi apa yang mereka alami sangat mengerikan".

Berjanji lah bahwa Anda akan melawan senjata nuklir
"Ibu saya, kakak dan kerabat telah diracuni oleh radiasi bom atom. Sangat penting untuk memahami dan menyadari kondisi yang kejam. Aku ingin Obama benar-benar berbicara dengan orang-orang dan merasakan betapa kami berharap senjata nuklir dimusnahkan".

Tolong lakukan yang terbaik untuk hapus semua senjata nuklir!
"Kami tidak pernah berpikir tentang nuklir, tapi kami benci perang. Pasti senang rasanya jika kita bisa melihat Presiden Obama. Tapi kami benci jika ada akan perubahan peraturan lalu lintas ketika dia datang".

Mari kita hapus senjata nuklir
"Ibu saya terkena radiasi dalam 1 km dari tempat kejadian. Ayahku, yang angkatan laut terkena ketika ia memasuki kota dalam 2 km dari hiposenter dalam waktu 15 hari. Kakak perempuan saya terkena ketika dia masih di kandungan ibuku. Orang tua saya tidak pernah ingin membahas tentang bom atom. Jepang lebih baik bekerja sama dengan AS untuk menghapuskan senjata nuklir, bukan mencoba membalas dendam dan menjatuhkan bom balasan".

Tolong buat dunia bebas senjata nuklir
"Saya pikir itu adalah tujuan utama presiden AS ke sini. Aku ingin dia melihat dan mendengar Hiroshima yang sebenarnya dan membuat kunjungan ini menjadi titik balik dalam sejarah".

Hapuskan perang
"Kami pergi ke Hiroshima Peace Memorial Museum. Kami memang tidak mengalami bom atom, tapi senjata nuklir adalah hal yang kejam. Hal seperti itu seharusnya tidak pernah terjadi lagi".

Jangan pernah lupakan ini
"Adik nenekku terkena radiasi di Nagasaki, dan ia meninggal beberapa tahun kemudian. Saya telah mengunjungi Nagasaki sebelumnya, tapi ini adalah pertama kalinya saya di Hiroshima. Saya selalu ingin mengunjungi di sini. Kita tidak pernah bisa mengubah fakta bahwa bom atom dijatuhkan, tetapi hal-hal yang sama akan terulang jika kita lupa".

Ambil kesempatan ini untuk mengubah sejarah
"Tidak pernah ada presiden yang sedang menjabat mengunjungi Hiroshima, dan kunjungan Obama akan mengubah kutukan ini. Saya berpikir bahwa bom atom mungkin hal yang biasa di AS, tapi saya yakin ini akan menjadi kesempatan untuk merefleksikan diri. Aku ingin dia melihat Museum Hiroshima Peace Memorial dan berpikir tentang fakta-fakta di dalamnya".

Sebagai orang dari Hiroshima, kami senang bahwa Anda mengunjungi kami
"Kami tidak berpikir bahwa kunjungannya terlambat, atau bahwa ia harus meminta maaf. Perdana Menteri Shinzo Abe harus mengunjungi Pearl Harbor jika ada kesempatan".

Terima kasih!
"Terima kasih sudah datang dari jauh. Aku pernah ke Hiroshima Peace Memorial Museum selama lebih dari 15 kali. Ketika saya pergi ke sana, apa yang saya lihat terus menerus berada di kepala saya. Bahkan terbawa ke dalam tidur saya. Saya ingin Presiden Obama belajar betapa horor akibat dari bom atom".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.