Usung Hemat Energi, Rumah Ini Bisa Diputar 359 Derajat

Oleh Firman Fernando Silaban pada 03 Jun 2016, 09:31 WIB
Diperbarui 03 Jun 2016, 09:31 WIB
Rumah Ramah Lingkungan
Perbesar
Mengusung konsep ramah ingkungan dan hemat energi, sebuah perusahaan arsitektur membangun rumah yang bisa diputar 359 derajat.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik, khususnya lampu dan pendingin ruangan adalah menggunakan panel surya dan punya sirkulasi udara yang baik. Namun, tidak semua rumah memiliki kedua hal tersebut selain terkendala dana, juga bangun ruang yang sudah permanen.

Melihat bahwa hal tersebut bisa jadi keuntungan dan suatu bentuk konsep peduli lingkungan, PATH Arsitektur membuat sebuah inovasi dalam rancangan proyek rumah ini. Diberi nama "359 House", rumah rancangan mereka dapat diputar secara manual untuk mengoptimalkan pencahayaan alami.

Seperti dilansir dari Lostaeminor.com pada Rabu (25/5/2016), dengan luas bangunan 144 meter persegi, rumah ini dibangun di atas poros yang bisa berputar 359 derajat. Namun, bangunan inovatif milik Ben Kaiser ini masih memiliki tantangan untuk jalur pipa air dan sistem kelistrikan dengan konsep berputar ini.

Terlepas dari kemampuannya yang bisa diputar, hunian Ben ini juga seperti rumah pada umumnya memiliki ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan kamar tidur. Mengusung konsep minimalis, rumah bertingkat dua ini terlihat lebih luas dari yang dipikirkan.

359 house ini bisa diputar oleh anak-anak (sumber. Lostateminor.com)

Mungkin Anda berpikir apakah sulit untuk memutar rumah ini? Namun, dalam video yang di unggah PATH Architecture di akun resmi Youtube mereka, anak-anak pun bisa memutar rumah ini dengan mudah.

Berikut video selengkapnya.