3 Tips Sukses Terapkan Digital Marketing untuk UMKM

Oleh Liputan6 pada 24 Mei 2016, 17:30 WIB
Diperbarui 03 Jun 2016, 08:42 WIB
Digital Marketing

Liputan6.com, Jakarta Sebuah inovasi mutlak diperlukan bagi para pebisnis termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Termasuk mengambil bagian dalam perkembangan teknologi dengan mengaplikasikan digital marketing dalam usaha Anda.

Ya, jangan hanya puas dengan bisnis Anda yang eksis atau memiliki awarness yang besar. Cobalah untuk mengambil peluang dan mampu menghasilkan uang lewat dunia internet. Berikut ini tiga tips digital marketing untuk UMKM yang layak Anda terapkan dari General Manager Ralali.com, Irwan Suryady.

1. Apa tujuan Anda berbisnis?
Sebenarnya apa tujuan Anda berbisnis? Mengapa Anda menggunakan internet sebagai bagian dari srategi promosi dan pemasaran? Apakah strategi tersebut sudah sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah Anda tetapkan? Kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas sedetail mungkin akan memperjelas alasan Anda untuk aktif di dunia maya. Cobalah untuk membuat tujuan yang jelas.

Misalnya Anda memiliki tujuan berupa awareness atau jumlah pengunjung atau pemerhati produk sebanyak x pengguna selama periode y. Kemudian, tentukan juga strategi-strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.

2. Apa saja konten yang Anda masukkan ke dalam situs Anda?
Dalam dunia internet, konten adalah raja. Pastikan konten yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan audiens yang ingin Anda tuju. Buat konten Anda unik dan berguna. Pikirkan apakah para pengunjung situs Anda mendapatkan manfaat dengan membaca konten pada situs Anda.

Kemudian, ingat juga untuk memperbarui konten situs Anda secara berkala. Terakhir dan akan selalu ditekankan setiap saat jika berhubungan dengan internet, apakah konten Anda sudah menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization)?

Berdasarkan riset, pengunjung dunia internet lebih tertarik dengan materi promosi yang dilengkapi dengan video atau gambar. Gambar atau video selalu mampu menarik mata audiens dan pengguna internet dibandingkan dengan sekumpulan huruf semata.

3. Berdayakan Online Marketplace

Ada kalanya kita tidak bisa bekerja sendirian dan perlu bantuan dalam hal promosi serta pemasaran dengan pihak ketiga. Maka, cobalah memberdayakan online marketplace selain tentunya situs Anda sendiri (jika memiliki). Memakai jasa online marketplace ibarat Anda menumpang yacht untuk mempercepat jalan ke laut lepas.