Ku Ka Jaring Perajin dan Pencinta Produk Lokal Sama-sama Untung

Oleh Novi Nadya pada 12 Mei 2016, 07:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2016, 07:00 WIB
Ku Ka
Perbesar
Ku Ka Jaring Pengrajin dan Pecinta Produk Lokal Sama-sama Untung

Liputan6.com, Jakarta Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia membuat pengusaha muda bergeliat untuk memulai usahanya secara online. Termasuk para perajinĀ produk lokal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Maka hadirlah online marketplace bernama Ku Ka dengan fokus produk lokal berkualitas dan harga terjangkau.

Ku Ka menjaring dan memudahkan para perajin dan pencinta produk lokal untuk menemukan berbagai produk andalan di kuka.co.id dan kedaikuka.co.id.

Ku Ka yang berdiri sejak 2015 ini mengadakan gathering untuk memperkenalkan dua website tersebut di CoWorkInc, Kemang, Jakarta Selatan, (10/5/2016). Ku Ka ingin mendukung para perajin lokal dan UMKM untuk membangun komunitas demi perkembangan produk kebanggaan anak bangsa tersebut.

Ku Ka Jaring Pengrajin dan Pecinta Produk Lokal Sama-sama Untung

"Komunitas usaha kreatif perlu diarahkan agar produk yang dihasilkan bisa mencapai sasaran yang tepat dan tidak terbengkalai di toko yang tidak ada pembelinya," ujar CEO dan Co-Founder Ku Ka, Titoniut Karto yang juga pencinta produk lokal.

Salah satu strategi Ku Ka untuk menjaring para perajin dan pembeli dengan banyak aktivitas yang bisa diikuti oleh komunitas kreatif. Seperti meet and greet, photo lookbook, foto produk, Ku Ka kasih, fashion show, blog, newsletter, dan sebagainya.

Selain itu, Ku Ka juga mempunyai misi memasarkan produk lokal bukan hanya di dalam negeri, melainkan ke luar negeri. Hingga kini hampir 1.000 penjual produk lokal yang sudah membuka toko di kuka.co.id dan kedaikuka.co.id.

Ku Ka Jaring Pengrajin dan Pecinta Produk Lokal Sama-sama Untung

Sebanyak 600 penjual produk fashion, peralatan rumah tangga, seni dan hobi, dan kecantikan juga ikut bergabung di kuka.co.id dengan total produk hingga lebih dari 3.500 produk lokal.

Ku Ka Jaring Pengrajin dan Pecinta Produk Lokal Sama-sama Untung

Sedangkan produk makanan dan minuman di kedaikuka.co.id telah mencapai lebih dari 400 produk yang berasal dari hampir 300 penjual. Dengan bergabung di Ku Ka maka kita sama-sama membangunkan jiwa nasionalisme untuk cinta produk lokal.