Sukses

Singa Gunung Ini Dirantai Selama 20 Tahun di Truk Sirkus Ilegal

Sebuah video upaya pembebasan singa gunung yang dirantai selama 20 tahun di bak truk sirkus ilegal di Peru.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah truk tua yang merupakan salah satu kendaraan rombongan sirkus ditemukan oleh warga di Peru. Alangkah terkejutnya masyarakat setempat ketika mengetahui ada sesuatu yang ganjil pada bagian bak belakang truk.

Seekor singa gunung bernama Mufasa ditemukan dengan leher terikat rantai ditelantarkan oleh pihak rombongan sirkus ilegal di Peru tersebut. Singa gunung tersebut disinyalir telah jadi bagian sirkus dan dibiarkan terjerat rantai selama lebih dari 20 tahun.

Seperti dilansir dari Damnbored.tv pada Selasa (10/5/2016), kondisi fisik Mufasa yang kurus karena kelaparan tersebut diduga lahir di Amerika Selatan dan dipisahkan dari ibunya dalam usia sangat muda serta dijual ke pembuangan sirkus ilegal. Melihat kondisi tersebut masyarakat menghubungi Animal Defenders International (ADI) sebuah organisasi pecinta hewan yang juga fokus menyelamatkan binatang sirkus, seperti Mufasa.

Saat dibebaskan, tak ada perlawanan dari Mufasa yang sudah dalam kondisi fisik lemas tak berdaya. Setelah melewati proses perawatan intensif, Mufasa mulai dibawa untuk program karantina sebelum akhirnya dilepaskan.

Melalui sebuah video, ADI memperlihatkan bagaimana proses pembebasan singa gunung yang kini mulai menghadapi kepunahan. Dalam video tersebut, ADI meminta masyarakat untuk mendukung program mereka dalam menyelamatkan hewan-hewan sirkus ilegal.

Berikut video selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.