Sukses

Kabar Gembira, Ternyata Anda Tidak Harus Mandi Setiap Hari

Saat ini Anda tidak perlu lagi mandi setiap hari, mengapa? Baca alasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Mandi adalah rutinitas yang dilakukan semua orang sehari-hari, sama halnya dengan tidur. Kapanpun Anda melakukannya, apakah pagi atau malam, mandi adalah suatu hal yang Anda lakukan secara rutin.

Banyak orang berpendapat jika seseorang tidak mandi dalam sehari, maka tubuhnya akan kotor. Apakah Anda salah satunya?

Dilansir dari Elle.com, Kamis (28/4/2016), hal ini ternyata salah besar. Menurut para ahli kebersihan, jika Anda mandi hanya sekali atau dua kali dalam seminggu, itu pun tidak menjadi masalah.

Dr. Elaine Larson, ahli penyakit menular di Columbia University School of Nursing mengatakan, "Sebenarnya Anda mandi sebagian besar hanya karena alasan estetika. Orang-orang berpikir bahwa mereka mandi agar menjadi higienis atau bersih, namun secara bakteriologis, bukan ini alasannya."

"Secara natural, tubuh Anda adalah mesin penghasil minyak yang baik. Mandi setiap hari itu tidak perlu, karena dapat menghilangkan minyak esensial yang dihasilkan oleh tubuh," tambah Dr. C. Brandon Mitchell, asisten profesor dermatolog di George Washington University.

Di luar semua hal tersebut, di saat Anda berpikir bahwa mandi dapat melindungi tubuh dari kuman, ternyata yang terjadi adalah sebaliknya. Mandi dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit menular, karena kulit menjadi kering, sehingga rentan terhadap kulit pecah-pecah yang dijadikan jalan masuknya bakteri ke dalam tubuh Anda.

Sedangkan untuk masalah mencuci tangan, Anda harus melakukannya sesering mungkin untuk melindungi Anda dari berbagai macam penyakit.

Namun, hal ini tidak berpengaruh terhadap penampilan atau bau badan Anda, sehingga ketika Anda memiliki jadwal rutin untuk gym setiap minggu, akan lebih aman bagi Anda untuk mandi juga secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini