Sukses

Pria Ini ke Raja Ampat Hanya dengan Rp 1,2 Juta

Ashari Yudha membagi pegalamannya backpackeran ke Raja Ampat hanya dengan Rp 1,2 juta.

Liputan6.com, Jakarta Berkeliling Indonesia dengan biaya murah tentu merupakan keinginan banyak orang. Terlebih berlibur ke Indonesia bagian timur yang terkenal sebagai destinasi wisata paling mahal di Indonesia. Namun, Ashari Yudha, backpacker Indonesia, mampu liburan selama tiga minggu di Raja Ampat hanya dengan menghabiskan uang Rp 1,2 juta saja. 

Anda tentu terperangah dengan pengakuan Yudha ini. Bagaimana bisa berkeliling Raja Ampat dengan biaya yang sangat minim? Seperti disarikan dari penuturannya di Vidio.com, Yudha mengungkapkan ia melakukan perjalanan backpacker dengan perencanaan yang matang.

"Sebelum melakukan perjalanan usahakan sudah merencanakan tujuan apa saja yang akan digali, sehingga lebih mudah mencari transportasi dan kebutuhan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya," ucapnya.

Persiapan yang dilakukan mulai dari menabung, mempersiapkan mental, hingga menentukan tujuan yang menjadi fokus selama perjalanan perlu untuk dilakukan. Biaya yang terbilang murah, berkisar Rp 1,2 juta, tentu tidak bisa membuat Anda berwisata mewah. Namun Anda tetap dapat merasakan sensasi liburan yang berbeda dari sebelumnya.

foto: @catatanbackpacker

Yudha mengungkapkan ia dan teman-temannya menginap di rumah warga sekitar. Untuk transportasi laut, ia menumpang dengan kapal wisatawan asing dan membalas jasa mereka dengan menjadi tour guide selama perjalanan. Sedangkan untuk makan, karena mereka pergi bersama-sama, memasak makanan sendiri adalah pilihan yang brilian. Sehingga tidak mengherankan menghabiskan waktu selama tiga minggu di destinasi wisata terindah di Indonesia ini hanya membutuhkan biaya Rp 1,2 juta saja. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Bagi Anda yang penasaran, bagaimana kisah Yudha berkeliling Indonesia bagian timur yang terkenal mahal di dunia pariwisata Indonesia, yuk, ikuti perbincangan Jessica Nam dengan Yudha dari Catatan Backpacker yang dapat Anda saksikan di video berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.