Cara Kembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Ketahuan Berbohong

Oleh Annabella Siahaan pada 07 Apr 2016, 11:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:21 WIB
Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Dalam hubungan asmara, tidak ada orang yang bisa selalu sempurna dan bebas dari kesalahan. Ada kalanya Anda terjebak pada situasi yang mengharuskan Anda untuk tidak berbicara jujur pada pasangan. Saat kebohongan tertangkap oleh pasangan, Anda pun harus menghadapi konsekuensinya.

Dibohongi adalah perasaan yang paling menyakitkan, apalagi saat dilakukan oleh seseorang yang kita cintai. Kepercayaan yang mahal harganya pun dapat hilang begitu saja. Jika Anda memang betul-betul peduli pada perasaan pasangan Anda, ketahuilah bahwa kebohongan sekecil apa pun akan menimbulkan perasaan sakit hati yang tidak mudah untuk dilupakan.
Dikutip dari situs Lovepanky, berikut cara membuat pasangan kembali percaya pada Anda saat Anda ketahuan berbohong.

1. Menebus kesalahan
Langkah pertama saat Anda tertangkap berbohong adalah meminta maaf. Daripada membuat alasan untuk menyelamatkan diri, tunjukkan bahwa Anda bersedia mempertanggungjawabkan kebohongan yang Anda lakukan. Anda juga harus bersedia berusaha keras membuat pasangan kembali percaya kepada Anda.

2. Kejujuran adalah hal paling penting
Ini adalah titik paling krusial dimana Anda harus berani mengungkapkan hal yang sejujurnya dan alasan di balik kebohongan Anda. Jangan membuat kesalahan yang sama dua kali dengan menutupi kebohongan Anda dengan kebohongan lain. Berjanjilah pada pasangan bahwa Anda akan berubah dan tidak mengulangi kebohongan lagi.

3. Bersabarlah saat Anda dianggap sebagai pihak yang jahat
Mengembalikan rasa percaya bukan hal yang mudah, dan pasangan Anda membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka akibat kebohongan Anda. Sikapnya tidak akan sehangat dan semesra sebelumnya, tapi ingat bahwa hal tersebut disebabkan oleh kesalahan yang Anda lakukan. Bersabarlah dianggap sebagai pihak yang jahat sampai Anda berhasil mempertanggungjawabkan kebohongan Anda.

4. Tunjukkan bahwa Anda bisa diandalkan
Dapat diandalkan berarti orang yang dapat bersikap dan berbuat sesuai dengan kata-kata yang diucapkannya. Menjadi orang yang selalu siap diandalkan bagi pasangan saat ia membutuhkan Anda akan mengembalikan kepercayaannya secara perlahan.

5. Jangan menutupi apa pun dari pasangan
Sejak kebohongan Anda terjadi, pasangan akan mengalami kesulitan percaya akan hal-hal yang Anda ucapkan. Saatnya Anda lebih jujur dan terbuka tentang segala hal, termasuk di mana Anda sedang berada, siapa berada di sana dengan Anda, dan lainnya. Berikan informasi lengkap pada pasangan sebelum ia bertanya, dan pastikan bahwa Anda jujur.

6. Hargai kebutuhan pasangan
Jika pasangan meminta jarak atau waktu dari Anda untuk memulihkan perasaan sakit hatinya, hormatilah permintaannya. Jangan menyerah atau memohon untuk dimaafkan pada saat itu juga, namun tunjukkan bahwa Anda mengerti dan akan menunggu hingga ia siap memaafkan.

7. Tunjukkan rasa penyesalan
Anda harus menunjukkan sikap menyesal pada pasangan dan membuktikan bahwa Anda akan melakukan apa pun untuk membangun kembali kepercayaan yang sempat hilang. Jangan berikap dibuat-buat karena Anda akan terlihat seperti menjilat, namun tunjukkan bahwa Anda mengerti akan kesalahan yang Anda buat dan menyesal telah melakukannya.

8. Penuhi janji yang Anda buat
Saat Anda berjanji untuk berubah dan berusaha keras untuk mengembalikan kepercayaan pasangan Anda, ia tidak akan menganggap sepele janji tersebut. Janji apa pun yang keluar dari mulut Anda setelah kesalahan yang Anda perbuat akan diingat oleh pasangan. Untuk itu, penuhilah janji yang telah Anda ucapkan untuk menunjukkan bahwa Anda orang yang masih bisa dipercaya.

9. Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata
Kata-kata dapat membantu membuat pasangan merasa lebih baik dan pean-pelan memaafkan Anda, namun Anda juga harus menunjukkan lewat sikap. Gabungan kata-kata dan janji-janji menjadi satu perbuatan yang nyata akan lebih ampun membuat pasangan memaafkan Anda. Jangan berhenti sampai pasangan benar-benar percaya bahwa Anda tidak akan berbohong lagi.

10. Anda adalah manusia biasa yang bisa berbuat kesalahan
Meskipun Anda menyesali perbuatan Anda, jangan merendahkan diri di depan pasangan. Setiap orang bisa berbuat kesalahan dan yang penting adalah bagaimana cara menebusnya. Bersikaplah seperti orang yang jujur dan memiliki integritas di hadapan pasangan.

11. Beri kesempatan kepada pasangan untuk berbicara
Biarkan pasangan mengekspresikan rasa sakit hatinya saat ia tahu bahwa ia telah dibohongi dan bagaimana perasaannya dalam proses kembali mencoba mempercayai Anda. Beri perhatian pada pasangan untuk mengetahui apa yang ia butuhkan dari Anda dan mengapa hal tersebut penting baginya. Membantu pasangan untuk sembuh dari sakit hati akan lebih mudah jika ia tahu bahwa Anda mendengarkan dan memenuhi kebutuhannya.

12. Cari bantuan yang tepat jika Anda tidak bisa berhenti berbohong
Jika kebohongan Anda bersifat kompulsif dan tidak bisa dikontrol, Anda mungkin membutuhkan terapis untuk mengetahui akar permasalahan diri Anda. Dengan ini, Anda dapat belajar untuk bersikap jujur saat menjalin hubungan dengan seseorang.