6 Cara Ampuh Basmi Bau Kaki

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 06 Apr 2016, 10:30 WIB
Diperbarui 06 Apr 2016, 10:30 WIB
Bau Kaki
Perbesar
Bau kaki dapat mengurangi rasa percaya diri, begini cara ampuh membasminya.

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki merupakan permasalahan yang mungkin pernah dialami semua orang. Bedanya, ada orang yang mudah menghilangkan, ada pula yang sulit. Jenis aktivitas, sepatu, bahkan kadar keringat di kaki sangat menentukan seseorang mengalami permasalahan ini atau tidak.

Terlepas dari faktor penyebabnya, bau kaki dapat mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika Anda harus membuka alas kaki di tempat umum. Namun sebenarnya ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkannya. Berikut cara-cara tersebut seperti dikutip dari Menshealth, Selasa (5/4/2016).

1. Rendam kaki di air garam
Menurut asisten profesor dan pakar permasalahan kaki dari University of Pennsylvania Al D'Angelantonio, garam menarik kelembapan dari kulit sehingga mengurangi jumlah bakteri yang hidup di sana. Maka biasakan lah merendam kaki di air hangat yang sudah diberikan garam selama 20 menit. Lakukan setiap hari hingga dua minggu.

2. Manfaatkan cuka
Cuka dapat memberikan lingkungan yang sulit bagi bakteri untuk tumbuh. Bahan ini memiliki efek mengeringkan sehingga membuat bakteri kelaparan. Gunakan cuka untuk merendam kaki, lakukan selama 30 menit setiap hari selama sepekan.

3. Gunakan teh
Asam dari teh dapat menutup pori-pori sehingga mengurangi jumlah keringat pada kaki. Teh juga berperan sebagai antibiotik alami yang membunuh bakteri. Gunakan dua kantong teh dan air untuk merendam kaki selama 30 menit. Lakukan setiap hari selama sepekan.

4. Pilih kaos kaki yang benar
Bahan kaos kaki dapat menentukan penyerapan keringat pada kaki. Kaos kaki yang kurang menyerap dapat menyebabkan bau kaki bertambah parah. Maka pilihlah yang berbahan katun yang mampu menyerap keringat lebih banyak.

5. Semprot kaki dengan desinfektan
Desinfektan berperan mengendalikan pertumbuhan bakteri pada kaki sehingga efektif dalam mengurangi bau kaki. Anda juga bisa menyemprotkan bahan ini ke kaos kaki Anda.

6. Gunakan bedak
Bedak dapat mengurangi keringat pada kaki sehingga Anda lebih mudah mengontrol bau kaki. Sebelum memakai kaos kaki, pastikan untuk membaurkan bedak di kaki hingga ke sela-sela jari kaki.