Sukses

Akan Digusur, Ini Pasar Rakyat Bukit Duri yang Terakhir?

Pasar Rakyat Bukit Duri merupakan ekspresi kebudayaan seluruh elemen masyarakat setempat yang digelar rutin tiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pasar Rakyat Bukit Duri yang merupakan gerakan ekspresi kebudayaan seluruh elemen kehidupan komunitas warga Bukit Duri, Kampung Pulo, Jakarta, kembali digelar. Difasilitasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ciliwung Merdeka, pasar rakyat yang digelar tiap tahun ini menjadi sangat spesial, lantaran ini menjadi pasar rakyat terakhir mengingat kawasan tersebut akan segera direlokasi.

Sandyawan Sumardi, salah seorang dari komunitas Ciliwung Merdeka saat ditemui Liputan6.com, Jumat (1/4/2016) mengungkapkan, “Pasar rakyat ciliwung merdeka 2016 ini kemungkinan akan jadi pasar rakyat terakhir. Biasanya pasar rakyat ini digelar pada bulan Agustus, peringatan kemerdekaan tanggal 15, 16, 17. Tetapi karena ini terakhir sebelum direlokasi, maka warga mengekspresikan sebagai komunitas warga sekarang, komunitas yang siaga, bahkan kita sudah sepakat kalau terpaksa harus direlokasi, mereka harus menjadi survival di tempatnya yang baru, dalam kondisi apapun, seberat apapun.”

Pasar Rakyat Bukit Duri (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Lebih jauh dirinya mengatakan, jika Bukit Duri, Kampung Pulo, benar-benar direlokasi, Sandyawan mengharapkan pemerintah menggunakan prinsip umum yang berlaku universal. “Kalau ada relokasi, kualitas hidup komunitas warga sesudah direlokasi harus lebih baik. itu prinspi umum yang berlaku di seluruh dunia,” ungkapnya.

Pasar Rakyat Bukit Duri (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Mengusung tema “Ciliwung Nyawa Kita, Bercerai Kita Runtuh, Bersatu Kita Teguh, Kampung Kota Kita Punya”, pasar rakyat telah resmi dibuka hari ini dan akan berlangsung hingga Minggu, 3 April 2016. Kegiatan ini akan diramaikan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang menarik, seperti workshop melukis, membuat topeng, membuat lagu, hingga pentas panggung hiburan. Tak hanya itu, pasar rakyat ini juga diramaikan dengan berbagai stan yang menjual aneka kuliner rakyat.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.