Sukses

ComicFest ID 2016 Persiapkan Komikus Indonesia Bersaing di MEA

ComicFest ID 2016 siap mendukung komikus Indonesia untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ada apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Komik Indonesia dan industri pendukungnya mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun terakhir ini. Untuk mendukung potensi dan kualitas komik Indonesia, sebuah event kreatif khusus komik bernama Comic Fest ID digelar untuk kali pertama di Smesco Exhibition Hall, Jakarta, 28-29 Mei 2016 mendatang.

Dengan mengusung hashtag #MajuTerusKomikIndonesia, ComicFest ID ingin menunjukkan kepada publik jika brand ini murni milik anak bangsa. Dan berbeda dengan sejumlah event pop culture yang umumnya merupakan afiliasi dari brand luar negeri.

"Kami ingin mengapresiasi seluruh komikus lokal dan mendorong komik Indonesia ke pentas yang lebih tinggi. Karena itu kami harapkan agar semua dapat bersatu di ComicFest ID," papar Chris Lie, Direktur Utama PT Wahana Inspirasi Nusantara.

Sebab itu, penyelenggara memberi booth khusus bagi komikus senior dan stage time untuk menunjukkan karya mereka. Begitu juga dengan pendatang baru maupun yang bermain di jalur independen, disediakan space dengan harga terjangkau.

"Harapan kami para komikus dapat memperoleh kesempatan lebih besar untuk mempromosikan kesempatan pada banyak orang," lanjut Chris Lie.

Bukan hanya unjuk gigi di dalam negeri, ComicFest juga mempersiapkan untuk eksis di luar negeri. Terutama menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

ComicFest ID 2016 siap mendukung komikus Indonesia untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ada apa saja?

"Dimulai dari nama acara, ComicFest biar mudah dibawa ke luar negeri. Kami ingin membuktikan komuikus Indonesia punya talenta yang siap meramaikan pasar internasional, khususnya ASEAN di era MEA," sambung Chris lagi.

Selain itu, untuk memeriahkan ComicFest ID, sejumlah cosplayer dari luar negeri akan didatangkan dalam live performance The Grand Legend Ramayana atau kisah Ramayana yang dimodernisasi.

"ComicFest ID bisa dibilang event pop-culture pertama di mana cosplayer mancanegara datang untuk memerankan karakter komik lokal, bukan sebaliknya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini