Sukses

Kiat Jitu Berjualan di Era Internet

Salah satu kunci jualan yang langgeng termasuk di era interenet adalah memberi merek. Baca penjelasan detailnya di sini

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki bisnis? Seberapa baik usaha jualan Anda berjalan selama ini? Apakah Anda sekedar jualan atau sudah mulai memberi merek ke produk-produk Anda?

Irwan Suryady, General Manager Ralali.com, menyampaikan, “Salah satu kunci jualan yang langgeng adalah adanya merek. Bayangkan jika kita tidak memiliki merek terhadap produk yang kita jual, tentunya pelanggan akan kesulitan untuk mengingat hal-hal positif yang sudah kita berikan kepada mereka.”

Irwan kemudian melanjutkan,”Merek adalah salah satu kunci penting kalau kita menginginkan barang jualan apa pun dapat diingat oleh konsumen dan pelanggan kita tuju. Bahkan, hal ini juga berlaku saat kita berbicara merek pribadi alias nama kita. Nama kita adalah merek kita, yang bisa memberikan citra positif atau negatif tergantung bagaimana kita mengelola.”

Irwan kemudian memberikan contoh mengenai penggunaan merek di era internet, “Ralali.com adalah merek yang antara lain melayani konsumen Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Kami membantu mereka dalam pengadaan barang-barang industri dan keperluan kantor, mulai dari toilet sampai bor secara lebih efektif dan efisien. Tentunya Ralali ingin saat pelanggan puas, mereka mengingat merek Ralali dan kembali menggunakan jasa Ralali.com untuk keperluan pengadaan barang selanjutnya."

Jadi, patut diketahui jualan ternyata tidak sekadar mengetahui masalah dan kebutuhan konsumen. Jualan tidak sekedar memberikan harga termurah atau pelayanan pelanggan terbaik untuk konsumen. Jualan juga berhubungan erat dengan merek agar segala tindakan kita saat berhubungan dengan konsumen, dapat terasosiasikan dengan lebih mudah di pikiran konsumen.

Bahkan, perlu diketahui topik pengembangan merek di era internet adalah hal yang sangat menarik untuk dibahas mengingat banyak contoh-contoh drastis pertumbuhan merek-merek yang masih seumur jagung, namun sudah memiliki nilai yang jauh melebihi merek-merek yang umurnya sudah puluhan tahun dan melegenda.

Maka mulai sekarang, sematkan merek pada kegiatan jualan kita. Merek tersebut bisa berupa nama toko atau nama produk buatan kita sendiri. Ingat juga untuk menjaga kualitas layanan agar merek kita memiliki citra positif, bukan negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini