Sukses

9 Fakta Penting Ciuman yang Perlu Anda Ketahui

Tak ada jurus jitu untuk dapat menguasai teknik berciuman. Namun Anda dapat lebih mahir dengan mengetahui fakta-fakta berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Begitu banyak tips agar menjadi mahir dalam berciuman. Namun, tak ada rumus pasti untuk menentukan ciuman yang benar atau yang salah. Tiap pasangan menyukai gaya berciuman yang berbeda-beda. Dan jika mereka berganti pasangan, berganti juga gaya berciuman.

Dilansir dari Mensjournal.com hari Selasa (22/3/2016), dari beberapa penelitian seorang profesor antropologi, William Jankowiak, berikut sembilan fakta penting yang harus Anda ketahui tentang ciuman.

Kenapa harus berciuman

Jika Anda menempatkan kegiatan berciuman sebagai suatu objek, maka akan terasa sangat aneh. Apalagi bentuk ciuman yang lebih rumit seperti french kiss. Hal tersebut tidak lebih dari kegiatan bertukar kuman dan bakteri antara dua mulut.

Jadi, apa gunanya? Alasan paling umum tentang interaksi dari bibir ke bibir ini adalah sentuhan yang membangun koneksi antara satu manusia dan pasangannya, untuk bisa merasakan apakah cocok atau tidak. 

Berciuman juga dapat melepaskan banyak jenis hormon, yang membangun perasaan menyenangkan, bahagia, untuk menyatu dengan pasangan Anda.

Berciuman bukan hal yang universal

William dan rekan-rekannya melakukan observasi ke 168 kebudayaan di seluruh dunia untuk membuktikan apakan ciuman romantis adalah hal yang umum dilakukan. Ternyata tak disangka, hasil yang mereka temukan bahwa hanya 46 persen dari seluruh kebudayaan itu yang dapat menerimanya. Secara umum, semakin kompleks suatu budaya, semakin kecil kemungkinan untuk terlibat dalam ciuman intim.

Iklim yang panas, lebih sedikit berciuman

Berdasarkan data dari William, seorang antropolog menambahkan, semakin panas iklim suatu daerah, semakin sedikit terdapat ciuman romantis. Sedangkan di iklim dingin dan di dalam lingkungan masyarakat yang lebih sederhana, lebih banyak terdapat kegiatan ini.

Pencium yang baik lebih sering berhubungan seksual

Tidak ada yang menginginkan pasangan yang tidak mahir dalam berciuman. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Oxford menemukan wanita akan mau diajak bercinta dengan pasangan jika ia mendapatkan ciuman yang mengesankan.

Gigi, nafas, dan rasa amat berpengaruh

Sebuah penelitian psikologi mengatakan wanita menyukai cara berciuman seorang pria berdasarkan nafas, rasa, dan getaran perasaan saat berciuman dengan pria tersebut. Penampilan gigi juga menjadi nilai tambah dari seorang pria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciuman, Kunci Sukses Hubungan

Ciuman yang buruk dapat menyudahi sebuah hubungan

Survei terhadap 58 pria dan 122 wanita dengan pertanyaan, "Apakah Anda pernah tertarik dengan seseorang hanya karena ingin mengetahui perasaan berciuman dengan orang tersebut, dan jika tidak suka, Anda langsung merasa tidak tertarik?"

Total 59 persen pria dan 66 persen wanita menjawab iya.

Hal ini bisa bersangkutan dengan teknik berciuman atau getaran perasaan yang membuat ciuman itu mengesankan atau tidak.

Bagi wanita, less is more

Berbeda dengan para pria yang menyukai cara berciuman yang basah, wanita lebih menyukai teknik yang sederhana tapi terasa amat berkesan. Jika Anda ingin membuat pasangan wanita Anda senang, hadiahkan dengan ciuman sederhana, yang dalam, tetapi penuh arti.

Jangan melewatkan tahap ini saat ingin berhubungan intim

Penelitian mengatakan wanita menginginkan ciuman yang intim sebelum berhubungan seksual. Padahal, 52 persen pria mengatakan mereka akan dengan senang hati melewatkan tahap berciuman dan langsung berhubungan seksual. Sedangkan 85 persen wanita menginginkan ciuman yang romantis sebelum naik ke tempat tidur. Secara keseluruhan, wanita menganggap ciuman lebih penting dibandingkan para pria.

Ciuman adalah kunci hubungan bertahan lama

Sebuah survei dengan 335 responden menghasilkan data bahwa sebuah hubungan yang diwarnai dengan kontak fisik yang intens memberikan kepuasan hubungan yang tinggi dan bertahan lama. Kegiatan seperti ciuman dan berpelukan mesra memberikan kehangatan dan kesenangan yang menghasilkan sebuah hubungan dapat bertahan lebih lama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini