Sukses

Ide Menarik Manfaatkan Pakaian Bekas

Baju melar, kaus kaki berlubang, dan celana robek bukan sampah yang harus dibuang, namun bukan juga suatu yang layak disumbangkan.

Liputan6.com, Jakarta Baju yang telah melar, kaus kaki berlubang, dan celana yang sudah robek bukan sampah yang harus dibuang, namun bukan juga menjadi sesuatu yang layak untuk disumbangkan kepada orang lain. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubahnya dan mengembalikan fungsi praktisnya agar barang-barang ini bisa tetap terpakai.

Baca Juga

Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat mengubah berbagai pakaian yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Seperti dilansir dari onegreenplanet, Senin (21/3/2016), berikut beberapa ide kreatif mengembalikan fungsi praktis pakaian yang sudah tidak terpakai.

Sarung Bantal

foto: onegreenplanet

Isi rumah menggambarkan pemiliknya. Barang-barang antik nan unik di ruang tamu dapat melekatkan kesan kreatif bagi penghuninya. Anda bisa membuat suatu yang unik dari pakaian yang sudah tidak terpakai dengan menyulapnya menjadi sarung bantal. Sarung bantal bisa dibuat dengan memanfaatkan sepasang piyama tua yang sudah tidak terpakai, dan menambahkan aksen pada bagian tengahnya agar tampak mewah, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa sarung bantal tersebut buatan tangan Anda sendiri.

Tas Serbaguna

foto: onegreenplanet

Di saat makin menumpuknya sampah plastik di lingkungan sekitar, ada baiknya Anda melakukan suatu hal, yaitu dengan memanfaatkan pakaian yang sudah tidak terpakai untuk membuat tas serbaguna. Selain ramah lingkungan, ini adalah proyek sempurna yang bisa diaplikasikan pada pakaian tua Anda. Tas atau kantong selalu dapat berguna untuk apa saja, dan Anda bisa memanfaatkan ritsleting dari pakaian yang tak terpakai untuk menutup tas serbaguna ini.

Menjadikannya Baru

foto: onegreenplanet

Salah satu cara paling populer yang bisa digunakan untuk memanfaatkan pakaian yang sudah tidak terpakai adalah dengan ‘menjadikannya baru’. Mengubah pakaian lama seolah menjadi pakaian baru bukan perkara sepele, pasalnya hal ini perlu imajinasi dan pengetahuan fashion yang lebih. Jangan lakukan ini tanpa mencari tahu terlebih dahulu, jilka tak ingin pakaian lama Anda menjadi pakaian yang justru terlihat konyol.

Keset

foto: onegreenplanet

Pakaian bekas bisa dijadikan keset, dan hal ini kerap dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia. Namun demikian sebagian besar hanya mementingkan fungsi praktisnya saja, tanpa mau sedikit kreatif. Padahal jika mau gerak sedikit, dengan metode rajut dan jahit, setiap orang bisa menciptakan keset dari pakaian bekas yang tidak hanya memenuhi fungsi praktis tapi juga fungsi estetis.

Tatakan

foto: onegreenplanet

Meja makan dan bufet perlu hiasan agar tampak indah. Hiasan ini bisa Anda ciptakan sendiri dengan memanfaatkan pakaian lama yang sudah tidak terpakai. Tak hanya itu, di meja makan, pakaian yang berbahan kain bisa dijadikan serbet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini