Trik Unik Atasi Gangguan Saat Makan Durian

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 18 Mar 2016, 16:30 WIB
Diperbarui 18 Mar 2016, 16:30 WIB
Durian
Perbesar
Untuk mencegah mabuk saat makan durian bisa dilakukan dengan trik yang cukup sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pencintanya, durian merupakan buah dengan kenikmatan surga. Rasanya yang manis berpadu dengan aroma yang nikmat membuat buah ini begitu nikmat di lidah. Sampai kadang-kadang orang tidak sadar sudah makan terlalu banyak.

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi durian bisa membuat perut terasa tidak nyaman, kepala pusing, bahkan mual. Kondisi ini lebih dikenal dengan mabuk durian. Ya, durian memang memiliki kandungan alkohol sehingga jika memakan durian terlalu banyak bisa saja seseorang mengalami kondisi tersebut.

Ternyata untuk mencegah mabuk saat makan durian bisa dilakukan dengan trik yang cukup sederhana. Anda hanya tinggal minum air putih yang dituang ke cekungan bagian dalam kulit durian yang sudah kosong.

Saat mencicipi durian di Pelawi Durian, Medan, Sumatra Utara, Liputan6.com bertemu dengan sejumlah orang yang melakukan itu. Ternyata mereka menjelaskan tujuannya adalah untuk mencegah mabuk setelah terlalu banyak makan durian.

"Begini caranya, air putih dituang saja ke bagian dalam kulit durian, lalu langsung diminum dari kulitnya," kata Porhan, salah seorang pencinta durian kepada Liputan6.com, Kamis (17/3/2016).

Tak hanya itu, untuk menghilangkan bau pada jari-jari setelah makan durian, para pencinta durian hanya tinggal menggosok-gosokan jari pada bagian dalam kulit durian. Kemudian mencuci jari dengan air. Seketika bau durian langsung hilang dari jari-jari tanpa mencucinya dengan sabun.

"Makan durian memang paling enak dengan tangan, tetapi bau setelah makan kadang-kadang susah hilangnya. Cara mudah menghilangkannya ya begitu itu," jelas Porhan.