Sukses

Toraja Marathon, Event Sport Tourism Pertama di Tana Toraja

Toraja Marathon merupakan gelaran sport tourism pertama yang digelar di tanah Toraja.

Liputan6.com, Jakarta Jika Sumatera Barat punya Tour de Singkarak, Banyuwangi punya Tour de Ijen, maka Toraja akan menggelar Toraja Marathon untuk pertama kalinya. Ajang sport tourism yang digelar pada 13 Agustus 2016 ini akan diikuti lebih dari 1.000 pelari, baik dari masyarakat umum, atlet nasional, maupun pelari mancanegara.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (15/3/2016), Panitia Toraja Marathon yang bekerjasama dengan Exotica Toraja akan melombakan beberapa kategori, yaitu kategori 5K, 10K, half marathon (21K), dan full marathon (42K) dengan kombinasi jenis road running, maupun semi trail melintasi kota dan pedesaan Toraja yang eksotik.

Toraja selama ini dikenal dunia sebagai daerah yang masih memegang teguh warisan adat dan tradisi yang diturunkan leluhur mereka. Budaya dan tradisi warisan leluhur tersebut terbungkus keindahan alam yang memukau, mulai dari barisan bukit, lembah dan gunung, hingga hamparan sawah dan perkebunan kopi Toraja milik masyarakat.

Rambu Solo, ritual kematian dalam masyarakat adat Tana Toraja

Gelaran Toraja Marathon merupakan usaha yang dilakukan pemuda Toraja untuk menampilkan kembali daerahnya, bukan hanya sebagai daerah wisata unggulan saja, namun juga menjadi daerah yang mampu mengapresiasi alamnya melalui kegiatan olahraga, maupun berbagai kegiatan lainnya yang bersinggungan dengan alam.

Bagi pihak penyelenggara, Toraja yang memiliki potensi keindahan alam dan didukung oleh iklim lingkungan sosial yang kondusif, menjadikan kawasan ini cocok untuk dijadikan tempat sport tourism di Indonesia.

Bagi Anda yang berminat menguikuti Toraja Marathon, registrasi pendaftaran peserta akan dibuka pada 20 Maret 2016 secara online melalui website www.torajamarathon.com. Melalui website tersebut, Anda tidak hanya mendaftar untuk menjadi peserta Toraja Marathon, namun juga bisa merencanakan perjalanan melalui paket wisata yang ditawarkan, sehingga perjalanan ke Toraja semakin mudah dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini