Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tentukan Jurusan Kuliah

Banyak orang merasa salah memilih jurusan kuliah dan mengorbankan uang, tenaga, dan waktu untuk pindah jurusan.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi tahun ajaran 2015/2016 akan berakhir. Namun bagi Anda yang berada di jenjang Sekolah Menang Atas, merencanakan kuliah tentu bukan perkara main-main. Pasalnya jurusan kuliah yang Anda pilih nantinya tentu akan mempengaruhi jalan hidup dan karier Anda ke depan.

Seperti dikutip dari Lifehack, Selasa (15/3/2016), memilih jurusan kuliah bukanlah perkara mudah, dibutuhkan eksperimen dan proses mencari tahu tentang jenjang karier apa yang cocok untuk Anda kelak. Jangan sampai saat sedang berada di tengah-tengah studi, Anda memutuskan untuk pindah jurusan kuliah. Karena hal tersebut tentu akan membuang waktu, uang, dan tenaga Anda.

Berikut beberapa tips menentukan jurusan kuliah, agar Anda tidak merasa salah jurusan dan terpaksa pindah di tengah-tengah studi Anda.

Hindari dulu yang Berkaitan dengan Hobi Anda
Jangan buru-buru menentukan bahwa Anda harus kuliah di jurusan yang sesuai dengan hobi. Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak bisa diterima, namun logikanya jika Anda mempelajari suatu hal yang sudah dikuasai sebelumnya, Anda akan merasa cepat bosan. Semua orang tentu tidak ingin mengubah hobinya menjadi beban pekerjaan. Hobi adalah hobi dan pekerjaan adalah pekerjaan.

Pertimbangkan Biaya Kulliah
Biaya kuliah yang mahal perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan memilih jurusan. Banyak pertanyaan yang mungkin dalam hal ini, mulai dari apakah ada program beasiswa sampai apakah biaya kuliah yang sudah Anda keluarkan sebanding dengan karier yang ditawarkan setelah lulus. Berbagai pertanyaan tersebut menjadi penting, pasalnya banyak orang menganggap mereka telah salah memilih jurusan kuliah setelah mereka terjun di dunia karier, dan mendapati gaji mereka tidak sesuai dengan biaya kuliah yang telah dikeluarkan.

Jangan Terjebak Gaya Hidup
Pastikan jurusan yang Anda pilih nantinya sesuai dengan gaya hidup. Pikirkan tentang gaya hidup sebelum memilih jurusan kuliah. Pasalnya banyak mahasiswa justru terjebak dalam gaya hidup, sehingga membuat biaya hidup mereka selama kuliah membengkak. Misal, saat waktu libur semester tiba, Anda punya kesempatan untuk memulai bisnis Anda bersama teman-teman, bukan menghabiskan uang dengan pergi liburan. Anda akan mendapat waktu liburan yang tepat, setelah bisnis berhasil dijalankan. Tak ada yang lebih indah dari uang yang bisa dihasilkan sendiri.

Pertimbangankan Prospek Kerja
Kuliah bukan perkara formalitas, apalagi hanya dijadikan status. Anda perlu memastikan bahwa jurusan kuliah yang Anda pilih memiliki prospek yang bagus di kemudian hari. Sebelum menentukan jurusan kuliah, Anda perlu mencari data bidang pekerjaan apa yang sedang dicari saat ini, atau setidaknya bertahan untuk lima tahun ke depan. Hal ini penting, agar setelah lulus, ilmu yang Anda peroleh selama kuliah bisa dipakai di ranah karier yang Anda impikan.

Pilihkan Kampus yang Bermitra dengan Banyak Perusahaan
Kampus yang bermitra dengan banyak perusahaan nasional maupun internasional tentu menjadi nilai tambah. Perusahaan tentu mencari tenaga kerja yang sudah berpengalaman, paling tidak selama setahun di bidangnya. Oleh karenanya, memilih kampus yang telah bermitra dengan banyak perusahaan akan membantu Anda membangun pengalaman awal, sebelum Anda benar-benar terjun ke dunia karier yang sesungguhnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini